Contoh RPP Qalqalah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah : MI. Raudlatul
Iman
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadis
Kelas/Semester :
III / 1
Tahun Pelajaran : 2018-2019
Materi
Pokok : Hukum Qalqalah
Alokasi Waktu : 1 x 35 menit
A.
Kompetensi Inti
KI-1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya
KI-2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain
KI-4 Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD)
1.2 Menyadari bahwa membaca al-Qur’an harus dengan
baik dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid
2.2 Membisakan diri membaca al-Qur’an sesuai
dengan kaidah ilmu tajwid
3.2 Memahami hukum bacaan Qalqalah
4.2 Mendemonstrasikan hukum bacaan Qalqalah
C.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.2.1 Meyakini pentingnya membaca al-Qur’an sesuai kaidah
ilmu tajwid.
2.2.1 Membisakan diri membaca al-Qur’an sesuai dengan kaidah
ilmu tajwid.
3.2.1 Menjelaskan hukum bacaan Qalqalah dengan benar;
3.2.2 Membedakan antara Qalqalah Sughro dan Qalqalah
Kubro;
3.2.3 Menunjukkan contoh bacaan Qalqalah dengan benar;
3.2.4 Mengidentifikasi hukum bacaan Qalqalah dalam surat al-Qur’an.
4.2.1
Mempraktikkan hukum bacaan Qalqalah dengan benar.
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses mengamati, menanyakan, mencoba,
mengasosiasikan dan
mengkomunikasikan
pembelajaran, peserta
didik dapat :
§ Menjelaskan
hukum bacaan Qalqalah dengan baik dan benar
§ Membedakan
antara Qalqalah Sughro dan Qalqalah Kubro dengan
baik dan benar
§ Mencontohkan bacaan Qalqalah dengan
baik dan benar
§ Mengidentifikasi hukum bacaan
Qalqalah dalam surat al-Qur’an. dengan
baik dan benar
§ Mempraktekkan hukum bacaan Qalqalah
dengan
baik dan benar
E.
Materi Pembelajaran
Hukum Bacaan Qalqalah (TERLAMPIR)
F.
Model, Metode dan Strategi Pembelajaran
1.
Saintifik
- Demonstrasi
- Drill
G.
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Wkt
|
1.
|
Pendahuluan
a. Guru mengawali pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdo’a bersama
b. Guru menyapa, memeriksa kehadiran dan kerapian peserta didik
c. Guru memberikan motivasi
peserta didik dengan menyampaikan tujuan
pembelajaran
d. Guru menyajikan apersepsi
dalam bentuk
kemampuan
hafalan
yang
sudah diajarkan pada pertemuan
e. Guru mempersiapkan alat peraga berupa al-Qur’an
dan audio mp3 surat al-Ikhlas
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Peserta didik mengamati alat peraga berupa al-Qur’an
dan audio mp3 surat al-Ikhlas
b. Peserta didik menanyakan kepada guru tentang Hukum Bacaan Qalqalah
c. Peserta didik mengadakan eksplorasi
tentang hukum bacaan qalqalah
d. Peserta didik menirukan lafal qalqalah yang diucapkan guru secara berulang
ulang
e. Peserta didik mendemontrasikan bacaan qalqalah di depan kelas
|
25 menit
|
3.
|
Penutup
a. Guru melaksanakan penilaian
secara lisan
b. Merencanakan kegiatan
tindak lanjut
c. Merefleksi dengan tanggapan peserta didik dari kegiatan yang
telah dilaksanakan sebagai bahan perbaikan
d. Pembelajaran ditutup dengan membaca
hamdalah dan do’a serta salam
|
10 menit
|
H. Media, Alat /
Bahan dan Sumber Belajar
1.
Media Pembelajaran
-QS. Surat Al-Ikhlas
-Audio Mp3 Surat Al-Ikhlas
2.
Alat / Bahan
- PPT berisi materi
pelajaran
3.
Sumber
Belajar
1.
Buku Siswa Qur’an Hadis MI Kelas 3
2.
Buku Guru Qur’an Hadis MI Kelas 3
3.
Al-Qur’an
4.
Buku lain yang relevan
I.
Penilaian
Tes : Lisan dan Unjuk kerja
Mengetahui
Kepala
MI. Raudlatul Iman
Bashri Aziz, S.Th.I
|
Sumenep
………….. 20
Guru
Qur’an Hadits
Bashri Aziz, S.Th.I
|
Isi Materi :
Apa itu Qalqalah
1. Qalqalah
itu berarti gerak,
getaran suara,
memantul, mengeper. Atau
juga lebih
jelasnya qalqalah
itu adalah bunyi
huruf yang memantul apabila huruf tersebut mati atau dimatikan.
2.
Qalqalah itu berlaku ketika huruf qalqalah itu mati karena sukun, atau mati karena
waqaf (dihentikan). dan bunyinya tidak terus menghilang, melainkan masih terdengar
perlahan-lahan.
Huruf Qalqalah
Huruf Qalqalah ada 5 :
ب – ج - د
– ط - ق
Agar lebih mudah diingat, kita bisa menyingkatnya menjadi BA
JU DI TO KO
Macam-macam Qalqolah
Qalqalah ada 2 macam, yaitu :
1. Qalqalah Kubra
Kubra artinya besar. Qalqalah kubra berlaku apabila huruf qalqalah yang mati bukan pada
asalnya.
Huruf itu mati karena
dihentikan atau diwaqafkan
dan berada
pada akhir kata. Cara membacanya harus lebih mantap
dengan memantulkan suara dengan pantulan yang kuat.
2. Qalqalah Sughra
Sughra artinya kecil. Qalqalah sughra terjadi apabila huruf qalqalah itu mati (sukun) pada kata asalnya
(pada umumnya terletak
ditengah-tengah kata). Cara membaca
qalqalah tersebut yaitu dengan pantulan tidak terlalu kuat.
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
a.
Sikap spiritual
Format Penilaian dan Penskoran Sikap Spiritual
Nama
Peserta Didik : ………………….
Kelas
: ………………….
Materi
Pembelajaran : …………………..
Tanggal
Penilaian : …………………..
NO
|
PENYATAAN
|
SETUJU
|
TDK SETUJU
|
1
|
Membaca
al-Qur’an harus sesuai dengan ilmu Tajwid
|
|
|
2
|
Belajar
al-Qur’an adalah wajib bagi setiap muslim
|
|
|
3
|
Belajar
al-Qur’an harus dengan niat yang tulus
dan bersungguh-sungguh
|
|
|
4
|
Bacaan
Qalqalah adalah bagian dari ilmu tajwid
|
|
|
5
|
Belajar
Qalqalah juga bisa dapat pahala
|
|
|
b.
Sikap Sosial
Kompetensi
Dasar : Membisakan diri membaca al-Qur’an sesuai dengan
kaidah ilmu tajwid
No
|
Nama
Peserta didik
|
Terbiasa
dalam
|
|||||
Percaya
Diri
|
Jujur
|
||||||
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Kriteria Penilaian
3 : Selalu
2 : Sering
1 : Jarang
Skor
nilai:
Selalu :85-100
Sering :70-84
Jarang :<
70
2.
Penilaian Pengetahuan
No
|
NamaSiswa
|
Aspek
yang
Dinilai
|
Jml
Skor
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak
Lanjut
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
AspekyangDinilai
: 1. Kelancaran
2. Ketepatan
Skor Penilaiannya
·
Jika peserta didik
mencontohkan bacaan
qalqalah
dengan benar dan
fasih
nilainya 100
·
Jika
peserta didik mencontohkan bacaan qalqalah
dengan benar dan
kurang fasih nilainya
50
·
Jika
peserta didik mencontohkan bacaan
qalqalah
kurang benar
dan kurang fasih
nilainya 25
·
Jika peserta didik
mencontohkan bacaan
qalqalah
salah nilainya 5
3.
Penilaian Kinerja
Format Penilaian Hukum bacaan Qalqalah
NO
|
NAMA
SISWA
|
NILAI
PENGAMATAN
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan nilai
1 = kurang 2 =
sedang 3 = baik 4 = sangat baik
Keterangan :
Sangat
baik (90-100) : Membaca fasih, tartil, lancar, , lagu/berirama.
Baik (80-89 ) : Membaca fasih, tartil,
lancar sesuai kaidah bacaan
Sedang (70-79
) : Membaca fasih kurang lancar sesuai kaidah bacaan.
Kurang ( <70 ) :
Membaca tidak lancar
Izin copas ka🙏
BalasHapusIzin copas ka🙏
BalasHapus