LKS QALQALAH MI KELAS III


HukumBacaanQalqalah
Kelas III MI Raudlatul Iman Gadu Barat Ganding Sumenep
A.      Kompetensi Inti 
KI-1    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI-2    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI-3    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI-4    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.       KOMPETENSIDASAR(KD)
1.2 Menyadari bahwa membaca al-Qur’an harus dengan baik dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid.
2.2  Membisakan diri membaca al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.
3.2  Memahami hukum bacaan Qalqalah.
4.2  Mendemonstrasikan hukum bacaan Qalqalah.
C.      INDIKATORPENCAPAIAN KOMPETENSI
1.2.1 Meyakini pentingnya membaca al-Qur’an sesuai kaidah ilmu tajwid.
2.2.1 Membisakan diri membaca al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.
3.2.1 Menjelaskan hukum bacaan Qalqalah dengan benar;
3.2.2 Membedakan antara Qalqalah Sughro dan Qalqalah Kubro;
3.2.3 Menunjukkan contoh bacaan Qalqalah dengan benar;
3.2.4 Mengidentifikasi hukum bacaan Qalqalah dalam surat Al-Ikhlas.
4.2.1 Mempraktikkan hukum bacaan Qalqalah dengan benar.
D.      TUJUAN YANG AKAN DICAPAI
1)      Peserta didik mampu Menjelaskan hukum bacaan Qalqalah dengan baik dan benar
2)      Peserta didik mampu Membedakan antara Qalqalah Sughro dan Qalqalah Kubro dengan baik dan benar
3)      Peserta didik mampu MencontohkanbacaanQalqalah dengan baik dan benar
4)      Peserta didik mampu MengidentifikasihukumbacaanQalqalahdalamsurat Al-Ikhlas dengan baik dan benar
5)      Peserta didik mampu MempraktekkanhukumbacaanQalqalah dengan baik dan benar
E.       PETUNJUK BELAJAR
Peserta didik diminta membaca materi pelajaran yang ada.
F.       MATERI PELAJARAN
              I.          Isi Materi
HUKUMBACAANQALQALAH
a.      Apa itu Qalqalah
1. Qalqalah itu berarti gerak, getaran suara, memantul, mengeper. Atau juga lebih jelasnya qalqalah itu adalah bunyi huruf yang memantul apabila huruf tersebut mati atau dimatikan.
2. Qalqalah itu berlaku ketika huruf qalqalah itu mati karena sukun, atau mati karena waqaf (dihentikan). dan bunyinya tidak terus menghilang, melainkan masih terdengar perlahan-lahan.
Huruf Qalqalah
Huruf Qalqalah ada 5 :
بج -  د    ط -  ق
Agar lebih mudah diingat, kita bisa menyingkatnya menjadi BA JU DI TO KO
b.      Macam-macam Qalqolah
Qalqalah ada 2 macam, yaitu:
1.   Qalqalah Kubra
Kubra artinya besar. Qalqalah kubra berlaku apabila huruf qalqalah yang mati bukan pada asalnya. Huruf itu mati karena dihentikan atau diwaqafkan dan berada pada akhir kata. Cara membacanya harus lebih mantap dengan memantulkan suara dengan pantulan yang kuat.
2.   Qalqalah Sughra
Sughra artinya kecil. Qalqalah sughra terjadi apabila huruf qalqalah itu mati (sukun) pada kata asalnya (pada umumnya terletak ditengah-tengah kata). Cara membaca qalqalah tersebut yaitu dengan pantulan tidak terlalu kuat.
           II.          Informasi Pendukung
ü  Buku Siswa Qur’an Hadis MI Kelas 3
ü  Buku Guru Qur’an Hadis MI Kelas 3
ü  Al-Quran
ü  Buku lain yang relevan



G.      LATIHAN-LATIHAN
       I.            Pilihlah jawaban berikut ini dengan memberi tanda silang (x) pada a,b,c dan d dengan benar !
1.      Berikut ini yang tidak termasuk pengertian Qalqalah adalah ...
a.       gerak,
b.      getaran suara
c.       mengulang
d.      memantul

2.      Qalqalah itu ada berapa macam?
a.       2
b.      3
c.       4
d.      5

3.      Huruf Qalqalah ada 5, yaitu ...
a.       ق-  د- ج- ب ط
b.      د- ج- ب ط – ف
c.       د- ج- ب ط – ر
d.      د- ج- ب –غ ط

4.      Apabila huruf qalqalah yang mati karena sukun, disebut qalqalah....
a.       Shoghir
b.      Sughro
c.       Kabir
d.      Kubro

5.      Cara membaca qalqalah dengan pantulan tidak terlalu kuat, adalah cara bacaan dari...
a.       Qalqalah  Sughro
b.      Qalqalah  Shaghir
c.       Qalqalah  Kubro
d.      Qalqalah  Kabir

6.      Kubro berari...
a.       Memantul
b.      Kecil
c.       Bergetar
d.      Besar

7.      Apabila huruf qalqalah yang mati karena waqaf, disebut qalqalah....
a.       Shoghir
b.      Sughro
c.       Kabir
d.      Kubro

8.      Cara membaca qalqalah dengan pantulan yang kuat, adalah cara bacaan dari...
a.       Qalqalah  Sughro
b.      Qalqalah  Shaghir
c.       Qalqalah  Kubro
d.      Qalqalah  Kabir

9.      Sughro berari...
a.       Besar
b.      Kecil
c.       Bergetar
d.      Memantul

10.  Qalqalah Kubro hurufnya mati karena dihentikan atau diwaqafkan dan berada pada...
a.       Akhir kata
b.      Awal kata
c.       Tengah kata
d.      Tiap huruf

قُلْ هُوَ اللهُ اَحَدٌ . اَللهُ الصَّمَدُ . لَمْ يَلِدْ وَ لَمْ يُوْلَدْ . وَ لَمْ يَكُنْ لَه كُفُوًّا اَحَدٌ
11.  Berilah tanda lingkaran pada kata yang termasuk pada bacaan Qalqalah Kubro
12.  Berilah tanda garis bawah pada kata yang termasuk pada bacaan Qalqalah Sughro
13.  Kemudian isilah tabel berikut sesuai dengan tempat masing-masing

QALQALAH KUBRO

QALQALAH SUGHRO



















H.      PETUNJUK KERJA
Peserta didik diminta mempraktikkan cara membaca bacaan Qalqalah dengan benar sesuai dengan apa yang sudah dipelajari bersama.
I.         PENILAIAN

a.       Penilaian soal pilihan ganda
Setiap soal mempunyai skor 10, jika benar semua maka mendapat nilai 100.

b.      Rubrik Pengamatannya sebagai berikut:



No


NamaSiswa
Aspek yang
Dinilai

Jml
Skor


Nilai

Ketuntasan
Tindak
Lanjut
1
2
3
4
T
TT
R
P
1











2











3











4











5











dst.











AspekyangDinilai : 1. Kelancaran
2. Ketepatan

Skor Penilaiannya
·         Jika peserta didik mencontohkan bacaan qalqalah dengan benar dan fasih nilainya 100
·         Jika peserta didik mencontohkan bacaan qalqalah dengan benar dan kurang fasih nilainya 50
·         Jika peserta didik mencontohkan bacaan qalqalah kurang benar dan kurang fasih nilainya 25
·         Jika peserta didik mencontohkan bacaan qalqalah salah nilainya 5





KUNCI JAWABAN
1.      c
2.      a
3.      a
4.      b
5.      a
6.      d
7.      d
8.      c
9.      b
10.  a

قُلْ هُوَ اللهُ اَحَدٌ . اَللهُ الصَّمَدُ . لَمْ يَلِدْ وَ لَمْ يُوْلَدْ. وَ لَمْ يَكُنْ لَه كُفُوًّا اَحَدٌ

QALQALAH KUBRO

QALQALAH SUGHRO











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh RPP Qalqalah