LKS QALQALAH MI KELAS III
HukumBacaanQalqalah
Kelas III MI Raudlatul Iman Gadu Barat Ganding Sumenep
A.
Kompetensi Inti
KI-1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya
KI-2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSIDASAR(KD)
1.2 Menyadari bahwa membaca al-Qur’an harus dengan baik dan
benar sesuai kaidah ilmu tajwid.
2.2 Membisakan diri
membaca al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.
3.2 Memahami hukum bacaan
Qalqalah.
4.2 Mendemonstrasikan
hukum bacaan Qalqalah.
C.
INDIKATORPENCAPAIAN KOMPETENSI
1.2.1 Meyakini pentingnya membaca al-Qur’an sesuai kaidah
ilmu tajwid.
2.2.1 Membisakan diri membaca al-Qur’an sesuai dengan kaidah
ilmu tajwid.
3.2.1 Menjelaskan hukum bacaan Qalqalah dengan benar;
3.2.2 Membedakan antara Qalqalah Sughro dan Qalqalah
Kubro;
3.2.3 Menunjukkan contoh bacaan Qalqalah dengan benar;
3.2.4 Mengidentifikasi hukum bacaan Qalqalah dalam surat
Al-Ikhlas.
4.2.1 Mempraktikkan hukum bacaan Qalqalah dengan benar.
D.
TUJUAN YANG AKAN DICAPAI
1)
Peserta didik mampu Menjelaskan hukum bacaan Qalqalah
dengan baik dan benar
2)
Peserta didik mampu Membedakan antara Qalqalah Sughro
dan Qalqalah Kubro dengan baik dan benar
3)
Peserta didik mampu MencontohkanbacaanQalqalah dengan baik
dan benar
4)
Peserta didik mampu MengidentifikasihukumbacaanQalqalahdalamsurat
Al-Ikhlas dengan baik dan benar
5)
Peserta didik mampu MempraktekkanhukumbacaanQalqalah
dengan baik dan benar
E.
PETUNJUK BELAJAR
Peserta didik diminta membaca materi pelajaran yang ada.
F.
MATERI PELAJARAN
I.
Isi Materi
HUKUMBACAANQALQALAH
a.
Apa itu Qalqalah
1. Qalqalah itu berarti gerak,
getaran suara,
memantul, mengeper. Atau
juga lebih
jelasnya qalqalah
itu adalah bunyi
huruf yang memantul apabila huruf tersebut mati atau dimatikan.
2. Qalqalah itu berlaku
ketika huruf qalqalah itu mati karena sukun, atau mati karena waqaf
(dihentikan). dan bunyinya tidak terus menghilang, melainkan masih terdengar
perlahan-lahan.
Huruf Qalqalah
Huruf Qalqalah ada 5 :
ب – ج - د – ط - ق
Agar
lebih mudah diingat, kita bisa menyingkatnya menjadi BA JU DI TO KO
b.
Macam-macam Qalqolah
Qalqalah ada 2 macam,
yaitu:
1.
Qalqalah Kubra
Kubra
artinya besar. Qalqalah
kubra berlaku apabila
huruf qalqalah
yang mati bukan pada
asalnya.
Huruf
itu mati karena
dihentikan atau diwaqafkan
dan berada pada akhir
kata. Cara membacanya harus
lebih mantap dengan
memantulkan suara dengan pantulan
yang
kuat.
2. Qalqalah Sughra
Sughra
artinya kecil. Qalqalah
sughra
terjadi apabila huruf qalqalah
itu mati (sukun) pada kata asalnya
(pada umumnya terletak
ditengah-tengah kata). Cara membaca
qalqalah tersebut yaitu
dengan
pantulan tidak terlalu
kuat.
II.
Informasi Pendukung
ü Buku Siswa Qur’an Hadis
MI Kelas 3
ü Buku Guru Qur’an
Hadis MI Kelas 3
ü Al-Qur’an
ü Buku lain yang relevan
G.
LATIHAN-LATIHAN
I.
Pilihlah
jawaban berikut ini dengan memberi tanda silang (x) pada a,b,c dan d dengan benar
!
1.
Berikut
ini yang tidak termasuk pengertian Qalqalah adalah ...
a.
gerak,
b.
getaran
suara
c.
mengulang
d.
memantul
2.
Qalqalah itu ada
berapa macam?
a.
2
b.
3
c.
4
d.
5
3.
Huruf Qalqalah ada
5, yaitu ...
a. ق-
د- ج- ب– ط
b. د- ج- ب– ط – ف
c. د- ج- ب– ط – ر
d. د- ج- ب –غ – ط
4.
Apabila huruf qalqalah yang mati
karena sukun, disebut qalqalah....
a.
Shoghir
b.
Sughro
c.
Kabir
d.
Kubro
5.
Cara
membaca qalqalah dengan
pantulan tidak terlalu kuat, adalah cara bacaan dari...
a.
Qalqalah
Sughro
b.
Qalqalah
Shaghir
c.
Qalqalah
Kubro
d.
Qalqalah
Kabir
6.
Kubro
berari...
a.
Memantul
b.
Kecil
c.
Bergetar
d.
Besar
7.
Apabila huruf qalqalah
yang mati karena waqaf, disebut qalqalah....
a.
Shoghir
b.
Sughro
c.
Kabir
d.
Kubro
8.
Cara
membaca qalqalah dengan
pantulan yang kuat, adalah
cara bacaan dari...
a.
Qalqalah
Sughro
b.
Qalqalah
Shaghir
c.
Qalqalah
Kubro
d.
Qalqalah
Kabir
9.
Sughro
berari...
a.
Besar
b.
Kecil
c.
Bergetar
d.
Memantul
10. Qalqalah Kubro hurufnya mati karena
dihentikan atau diwaqafkan
dan berada
pada...
a.
Akhir kata
b.
Awal kata
c.
Tengah kata
d.
Tiap huruf
قُلْ هُوَ اللهُ اَحَدٌ . اَللهُ الصَّمَدُ . لَمْ
يَلِدْ وَ لَمْ يُوْلَدْ . وَ لَمْ يَكُنْ لَه كُفُوًّا اَحَدٌ
11. Berilah tanda lingkaran pada kata
yang termasuk pada bacaan Qalqalah Kubro
12. Berilah tanda garis bawah pada
kata yang termasuk pada bacaan Qalqalah Sughro
13. Kemudian isilah tabel berikut sesuai
dengan tempat masing-masing
QALQALAH KUBRO
|
QALQALAH SUGHRO
|
|
H.
PETUNJUK
KERJA
Peserta didik
diminta mempraktikkan cara membaca bacaan Qalqalah dengan benar sesuai dengan
apa yang sudah dipelajari bersama.
I.
PENILAIAN
a.
Penilaian soal pilihan ganda
Setiap soal
mempunyai skor 10, jika benar semua maka mendapat nilai 100.
b.
Rubrik Pengamatannya
sebagai
berikut:
No
|
NamaSiswa
|
Aspek yang
Dinilai
|
Jml
Skor
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak
Lanjut
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
||||
1
|
|||||||||||
2
|
|||||||||||
3
|
|||||||||||
4
|
|||||||||||
5
|
|||||||||||
dst.
|
AspekyangDinilai
: 1. Kelancaran
2. Ketepatan
Skor Penilaiannya
·
Jika peserta didik
mencontohkan bacaan
qalqalah
dengan benar dan
fasih
nilainya 100
·
Jika
peserta didik mencontohkan bacaan qalqalah
dengan benar dan
kurang fasih nilainya
50
·
Jika
peserta didik mencontohkan bacaan
qalqalah
kurang benar
dan kurang fasih
nilainya 25
·
Jika peserta didik
mencontohkan bacaan
qalqalah
salah nilainya 5
KUNCI JAWABAN
1.
c
2.
a
3.
a
4.
b
5.
a
6.
d
7.
d
8.
c
9.
b
10. a
قُلْ هُوَ اللهُ اَحَدٌ . اَللهُ الصَّمَدُ . لَمْ يَلِدْ
وَ لَمْ يُوْلَدْ. وَ لَمْ يَكُنْ لَه كُفُوًّا اَحَدٌ
QALQALAH KUBRO
|
QALQALAH SUGHRO
|
|
Komentar
Posting Komentar