RPP AKIDAH AKHLAQ KELAS 2
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ……………………………….
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
II/Ganjil
Materi Pokok :
Kalimat thayyibah ta'awwudz
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat menerapkan ketentuan membaca ta'awwudz dengan
benar. 2.
Melalui keegiatan
diskusi, siswa dapat mempraktikkan bacaan ta'awudz sesuai konteknya dengan
tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar anak membaca Al-Qur’an b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru menjelaskan
kalimat thayyibah ta'awwudz. e.
Guru
melafalkan kalimat thayyibah ta'awwudz. f.
Siswa
menirukan kalimat thayyibah ta'awwudz. g.
Siswa berdiskusi
tentang tujuan membaca kalimat thayyibah ta'awwudz. h.
Guru
menjelaskan waktu membaca kalimat thayyibah ta'awwudz. i.
Guru menjelaskan
manfaat membaca kalimat thayyibah ta'awwudz. j.
Siswa berdiskusi
tentang manfaat membaca kalimat thayyibah ta'awwudz. k.
Siswa menuliskan
kalimat thayyibah ta'awwudz beserta artinya. l.
Siswa melafalkan
kalimat thayyibah ta'awwudz beserta artinya. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.1 Menerapkan ketentuan membaca ta'awwudz 4.1 Mempraktikkan
bacaan ta'awudz sesuai konteknya |
|
C. Indikator 1.
Mampu
menerapkan ketentuan membaca ta'awwudz 2.
Mampu
melafalkan kalimat thayyibah ta'awwudz 3.
Mampu menuliskan kalimat thayyibah ta'awwudz |
|
D. Materi Esensi Kalimat
thayyibah ta'awwudz |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas II. (Hal. 1-10) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
………………….,
Juli 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
……………………. ………………………….
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ……………………………….
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
II/Ganjil
Materi Pokok :
Makna al-Hafiizh, dan al-Waliy
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami makna al-Hafiizh, dan al-Waliy dengan
benar. 2.
Melalui kegiatan
diskusi, siswa dapat mengomunikasikan arti dan bukti sederhana asma Allah
al-Hafiizh, al-Waliy dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar banjir. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan Asma’ul Husna al-Hafiizh. e.
Siswa
berdiskusi tentang Asma’ul Husna al-Hafiizh. f.
Siswa
mengamati gambar pegunungan. g.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. h.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. i.
Guru
menjelaskan Asma’ul Husna al-Waliy. j.
Siswa
berdiskusi tentang Asma’ul Husna al-Waliy. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.2 Memahami
makna al-Hafiizh, dan al-Waliy 4.2 Mengomunikasikan
arti dan bukti sederhana asma Allah al-Hafiizh, al-Waliy |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami makna al-Hafiizh, dan al-Waliy. 2.
Mampu mengomunikasikan
arti dan bukti sederhana asma Allah al-Hafiizh, al-Waliy. 3.
Mampu
bersikap sesuai asma Allah al-Hafiizh, al-Waliy. |
|
D. Materi Esensi Makna
al-Hafiizh, dan al-Waliy |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas II. (Hal. 11-19) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
………………….,
Juli 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
……………………. ………………………….
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
……………………………….
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
II/Ganjil
Materi Pokok :
Sikap berterima kasih dan rendah hati
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat menerapkan sikap berterima kasih dan rendah
hati serta cara membiasakannya dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan diskusi, siswa dapat menyajikan contoh sikap hidup, berterima kasih,
dan rendah hati dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati 2 gambar pengunungan dan perkotaan. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Siswa
mengamati gambar: nikmat apa yang harus disyukuri? e.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. f.
Guru
menjelaskan sikap berterima kasih. g.
Siswa
berdiskusi tentang sikap berterima kasih. h.
Siswa memberi
tanda ceklis sesuai pengalaman pada kolom tentang sikap berterima kasih. i.
Siswa
mengamati gambar anak naik sepeda dan bergaul dengan teman. j.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. k.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. l.
Guru
menjelaskan tentang sikap rendah hati. m. Siswa berdiskusi tentang sikap rendah hati. n.
Siswa memberi
tanda ceklis benar atau salah pada kolom tentang sikap rendah hati. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.3
Menerapkan sikap berterima kasih dan rendah hati serta cara membiasakannya 4.3 Menyajikan
contoh sikap hidup, berterima kasih, dan rendah hati dalam kehidupan
sehari-hari |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami sikap berterima kasih dan rendah hati. 2.
Mampu
mengomunikasikan sikap berterima kasih dan rendah hati serta cara
membiasakannya. 3.
Mampu
bersikap berterima kasih dan rendah hati serta cara membiasakannya. |
|
D. Materi Esensi Sikap
berterima kasih dan rendah hati |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas II. (Hal. 20-27) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
………………….,
Juli 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
……………………. ………………………….
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ……………………………….
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
II/Ganjil
Materi Pokok :
Adab bersin dan menguap
Alokasi Waktu :
2 JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat menerapkan adab bersin dan menguap dengan
benar. 2.
Melalui pemberian
contoh, siswa dapat mempraktikkan adab bersin dan menguap dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar orang bersin. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan adab bersin. e.
Guru
melafalkan bacaan dalam adab bersin. f.
Siswa
menirukan lafal bacaan dalam adab bersin secara bergantian. g.
Siswa
mengamati gambar orang menguap. h.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. i.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. j.
Guru
menjelaskan adab menguap. k.
Guru
mempraktikkan adab bersin. l.
Siswa
menirukan adab menguap. m. Siswa memberi tanda ceklis benar atau salah pada kolom tentang
adab menguap. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.4 Menerapkan adab bersin dan menguap 4.4
Mempraktikkan adab bersin dan menguap |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami adab bersin dan menguap. 2.
Mampu mempraktikkan
adab bersin dan menguap. |
|
D. Materi Esensi Adab bersin
dan menguap |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa Akidah
Akhlak Kelas II. (Hal. 28-32) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
………………….,
Juli 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
……………………. ………………………….
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ……………………………….
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
II/Ganjil
Materi Pokok :
Akhlak tercela egois, berkata kasar, berbohong
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami akhlak tercela egois, berkata
kasar, berbohong dan cara menghindarinya dengan benar. 2.
Melalui kegiatan
diskusi, siswa dapat mengomunikasikan cara menghindari sifat egois, berkata
kasar, berbohong dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar anak yang tidak mau menerima kue. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan tentang sikap egois. e.
Siswa berdiskusi
tentang sikap egois. f.
Siswa memberi
tanda ceklis egois atau tidak egois pada kolom tentang sikap egois. g.
Siswa
mengamati gambar Rasulullah kepada umatnya. h.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. i.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. j.
Guru
menjelaskan tentang berkata kasar. k.
Guru
mempraktikkan cara berbicara yag baik. l.
Siswa
mempraktikkan cara berbicara yag baik. m. Siswa memberi tanda ceklis berkata baik atau berkata kasar pada
kolom tentang berkata kasar n.
Siswa
mengamati gambar anak yang sedang berbicara. o.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. p.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. q.
Guru
menjelaskan tentang bohong. r.
Guru dan
siswa bersama mengucapkan cara berbicara yag baik, tidak kasar dan tidak
dusta. s.
Siswa
memberikan tanggapan terhadap suatu maslah dengan disajikan ilustrasi. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.5 Memahami
akhlak tercela egois, berkata kasar, berbohong dan cara menghindarinya 4.5
Mengomunikasikan cara menghindari sifat egois, berkata kasar, berbohong dalam
kehidupan sehari-hari |
|
C. Indikator 1.
Mampu memahami
akhlak tercela egois, berkata kasar, berbohong dan cara menghindarinya. 2.
Mampu
mempraktikkan cara menghindari akhlak tercela egois, berkata kasar,
berbohong. |
|
D. Materi Esensi Akhlak
tercela egois, berkata kasar, berbohong |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas II. (Hal. 32-43) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
………………….,
Juli 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
……………………. ………………………….
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ……………………………….
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
II/Ganjil
Materi Pokok :
Kisah keteladanan Nabi Nuh a.s
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami kisah keteladanan Nabi Nuh a.s dengan
benar. 2.
Melalui
kegiatan bercerita, siswa dapat mengomunikasikan kisah keteladanan Nabi Nuh
a.s dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar kapal nabi Nuh a.s. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan tentang kisah nabi Nus a.s dan keteladannya. e.
Siswa memberi
tanda ceklis benar atau salah pada kolom tentang keteladanan Nabi Nuh a.s. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.6 Memahami kisah keteladanan Nabi Nuh a.s 4.6
Mengomunikasikan kisah keteladaan Nabi Nuh a.s |
|
C. Indikator 1.
Mampu memahami
kisah keteladanan Nabi Nuh a.s. 2.
Mampu mengomunikasikan
kisah keteladaan Nabi Nuh a.s. 3.
Mampu
meneladani sikap Nabi Nuh a.s. |
|
D. Materi Esensi Kisah
keteladanan Nabi Nuh a.s |
|
E. Metode Simulasi, percobaan,
diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas II. (Hal. 44-50) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
………………….,
Juli 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
……………………. ………………………….
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ……………………………….
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
II/Genap
Materi Pokok :
Makna al-'Alim, al-Khobiir
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami makna al-'Alim, al-Khobiir dengan
benar. 2.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat menyajikan arti dan bukti sederhana asma
Allah al-'Alim, al-Khobiir dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar anak bermain petak umpet. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan Asma’ul Husna al-'Alim. e.
Siswa
mengamati gambar orang bersedekah dan raja yang banyak harta. f.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. g.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. h.
Guru
menjelaskan Asma’ul Husna al-Khobiir. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.7 Memahami
makna al-'Alim, al-Khobiir 4.7
Menyajikan arti dan bukti sederhana asma Allah al-'Alim, al-Khobiir |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami makna al-'Alim, al-Khobiir. 2.
Mampu
mengomunikasikan arti dan bukti sederhana asma Allah al-'Alim, al-Khobiir. 3.
Mampu
bersikap sesuai asma Allah al-'Alim, al-Khobiir. |
|
D. Materi Esensi Makna
al-'Alim, al-Khobiir |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas II. (Hal. 55-62) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
………………….,
Januari 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
……………………. ………………………….
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ……………………………….
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
II/Genap
Materi Pokok :
Sifat wajib Allah Swt
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami sifat wajib Allah Swt dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat mengomunikasikan sifat wajib Allah Swt
melalui syair/ lagu dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati syair lagu sifat wajib Allah yang dilantunkan Guru. b.
Guru
menanyakan apa makna syair lagu. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru menjelaskan
sifat wajib Allah Swt beserta arti dan maknanya. e.
Guru
menjelaskan hikmah dari sifat wajib Allah Swt. f.
Siswa
menyanyikan syair lagu sifat wajib Allah Swt. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.8 Memahami
sifat wajib Allah Swt. 4.8
Mengomunikasikan sifat wajib Allah Swt melalui syair/ lagu |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami makna sifat wajib Allah Swt. 2.
Mampu
mengomunikasikan sifat wajib Allah Swt melalui syair/ lagu. 3.
Mampu menyanyikan
sair lagu sifat wajib Allah Swt. |
|
D. Materi Esensi Sifat wajib
Allah Swt |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas II. (Hal. 63-70) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
………………….,
Januari 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
……………………. ………………………….
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ……………………………….
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
II/Genap
Materi Pokok :
Sikap santun menghargai teman baik di rumah maupun di sekolah
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami sifat wajib Allah Swt dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat mengomunikasikan sifat wajib Allah Swt
melalui syair/ lagu dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar anak yang berjalan bersama. b.
Guru
menanyakan apa makna syair lagu. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan sikap santun menghargai teman baik di rumah maupun di sekolah. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.9 Memahami
sikap santun menghargai teman baik di rumah maupun di sekolah 4.9 Mencontohkan
sikap santun menghargai teman baik di rumah maupun di sekolah |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami sikap santun menghargai teman baik di rumah maupun di sekolah. 2.
Mampu
mengomunikasikan sikap santun menghargai teman baik di rumah maupun di
sekolah. 3.
Mampu
bersikap santun menghargai teman baik di rumah maupun di sekolah. |
|
D. Materi Esensi Sikap santun
menghargai teman baik di rumah maupun di sekolah |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas II. (Hal. 71-76) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
………………….,
Januari 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
……………………. ………………………….
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ……………………………….
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
II/Genap
Materi Pokok :
Adab makan dan minum
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat menerapkan adab adab makan dan minum dengan
benar. 2.
Melalui
pemberian contoh, siswa dapat mempraktikkan adab makan dan minum dengan
tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar orang makan dan orang minum. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan adab makan dan minum. e.
Guru
melafalkan doa mau makan dan sesudah makan. f.
Siswa
menirukan lafal doa mau makan dan sesudah makan. 3. Penutup a.
Guru dan siswa
menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.10 Menerapkan adab makan dan minum 4.10
Mempraktikkan adab makan dan minum |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami adab adab makan dan minum. 2.
Mampu
mempraktikkan adab adab makan dan minum. |
|
D. Materi Esensi Adab makan
dan minum |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas II. (Hal. 76-78) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
………………….,
Januari 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
……………………. ………………………….
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ……………………………….
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
II/Genap
Materi Pokok :
Manfaat gemar membaca dan rajin
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami manfaat gemar membaca dan rajin
dengan benar. 2.
Melalui
pemberian contoh, siswa dapat menyajikan contoh gemar membaca dan rajin
dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar anak membaca Al-Qur’an dan anak belajar bersama guru. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan manfaat gemar membaca dan rajin. e.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.11 Memahami manfaat gemar membaca dan rajin 4.11
Menyajikan contoh gemar membaca dan rajin |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami adab adab makan dan minum. 2.
Mampu
Menyajikan contoh gemar membaca dan rajin. |
|
D. Materi Esensi Manfaat gemar
membaca dan rajin |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas II. (Hal. 78-81) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
………………….,
Januari 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
……………………. ………………………….
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ……………………………….
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
II/Genap
Materi Pokok :
Keteladanan Nabi Musa a.s
Alokasi Waktu :
…. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami kisah keteladanan Nabi Musa a.s
dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan bercerita, siswa dapat mengomunikasikan kisah keteladanan Nabi Musa
a.s dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar kisah nabi Musa a.s. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan tentang kisah nabi Musa a.s dan keteladannya. e.
Siswa memberi
tanda ceklis benar atau salah pada kolom tentang keteladanan Nabi Musa a.s. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.12 Memahami kisah keteladanan Nabi Musa a.s 4.12
Mengomunikasikan kisah keteladaan Nabi Musa a.s |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami kisah keteladanan Nabi Musa a.s. 2.
Mampu
mengomunikasikan kisah keteladaan Nabi Musa a.s. 3.
Mampu
meneladani sikap Nabi Musa a.s. |
|
D. Materi Esensi Keteladanan
Nabi Musa a.s |
|
E. Metode Simulasi, percobaan,
diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas II. (Hal. 82-88) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
………………….,
Januari 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
……………………. ………………………….
Komentar
Posting Komentar