RPP AKIDAH AKHLAQ KELAS 3
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ………………………….
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
III/Ganjil
Materi Pokok :
Makna sikap bersyukur
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami makna sikap bersyukur dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan bercerita, siswa dapat mengomunikasikan contoh perilaku syukur dengan
tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar pasien di rumah sakit dan gambar rekreasi ke pantai. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan tentang syukur nikmat. e.
Siswa mengamati
gambar dan berdiskusi tentang sikap bersyukur. f.
Siswa
mengamati gambar dan menuliskan hikmah bersyukur serta mempresentasikannya di
depan kelas. g.
Siswa
menggambar tulisan Alhamdulillah dan mewarnainya dengan bagus. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.1 Memahami makna sikap bersyukur 4.1
Mengomunikasikan contoh perilaku syukur |
|
C. Indikator 1.
Mampu memahami
makna sikap bersyukur. 2.
Mampu
mengomunikasikan contoh perilaku syukur. |
|
D. Materi Esensi Makna sikap
bersyukur |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas III. (Hal. 1-11) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
………………..,
Juli 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
…………………….. …………………………
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ………………………….
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
III/Ganjil
Materi Pokok :
Makna ar-Razzaaq dan al-Wahhaab
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami makna ar-Razzaaq dan al-Wahhaab
dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan diskusi, siswa dapat menyajikan arti dan bukti sederhana asma Allah
ar-Razzaaq dan al-Wahhaab dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar anak memgang kelinci dan burung yang terbang. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan Asma’ul Husna al-Wahhaab. e.
Siswa
mengamati Surah az-Zariyat ayat 58 dan gambar anak
bersedekah. f.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. g.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. h.
Guru
menjelaskan Asma’ul Husna ar-Razzaaq. i.
Siswa diminta
memberikan tanggapan terhadap pernyataan tentang ar-Razzaaq dan al-Wahhaab j.
Siswa
berdiskusi tentang Asma’ul Husna ar-Razzaaq dan al-Wahhaab dan
mempresentasikan hasilnya. k.
Siswa diminta
menuliskan Asma’ul Husna ar-Razzaaq dan al-Wahhaab serta menghiasinya dengan
indah. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.2 Memahami
makna ar-Razzaaq dan al-Wahhaab 4.2
Menyajikan arti dan bukti sederhana asma Allah ar-Razzaaq dan al-Wahhaab |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami makna ar-Razzaaq dan al-Wahhaab. 2.
Mampu
mengomunikasikan arti dan bukti sederhana asma Allah ar-Razzaaq dan
al-Wahhaab. 3.
Mampu
bersikap sesuai asma Allah ar-Razzaaq dan al-Wahhaab. |
|
D. Materi Esensi Makna
ar-Razzaaq dan al-Wahhaab |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas III. (Hal. 12-20) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual: pengamatan,
observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
………………..,
Juli 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
…………………….. …………………………
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ………………………….
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
III/Ganjil
Materi Pokok :
Sepuluh nama-nama malaikat Allah Swt yang wajib diketahui dan tugas-tugasnya
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami sepuluh nama-nama malaikat Allah
Swt yang wajib diketahui dan tugas-tugasnya dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan bercerita, siswa dapat mengomunikasikan sepuluh nama-nama malaikat
Allah Swt yang wajib diketahui dan tugas-tugasnya dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar orang mati, orang sholat berjamaah dan orang sedang makan. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menanyakan hubungan gambar di atas dengan rukun iman. e.
Guru
menjelaskan tentang malaikat, nama dan tugas malaikat serta hikmah beriman
kepada malaikat. f.
Siswa
berdiskusi tentang sikap bersyukur dengan disajikan ilutrasi kasus. g.
Siswa memberikan
tanda centang tentang malaikat pada kolom yang sesuai. h.
Siswa memberikan
tanda centang pada kolom setuju atau tidak setuju disertai alasannya tentang
malaikat. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.3 Memahami
sepuluh nama-nama malaikat Allah Swt yang wajib diketahui dan tugas-tugasnya 4.3
Mengomunikasikan sepuluh nama-nama malaikat Allah Swt yang wajib diketahui
dan tugas-tugasnya |
|
C. Indikator 1.
Mampu memahami
sepuluh nama-nama malaikat Allah Swt yang wajib diketahui dan tugas-tugasnya. 2.
Mampu
mengomunikasikan sepuluh nama-nama malaikat Allah Swt yang wajib diketahui
dan tugas-tugasnya. |
|
D. Materi Esensi Sepuluh
nama-nama malaikat Allah Swt yang wajib diketahui dan tugas-tugasnya |
|
E. Metode Simulasi, percobaan,
diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas III. (Hal. 21-30) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
………………..,
Juli 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
…………………….. …………………………
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ………………………….
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
III/Ganjil
Materi Pokok :
Sikap taat dan patuh terhadap Allah Swt, rasulNya, kedua orang tua, dan guru
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat menerapkan sikap taat dan patuh terhadap
Allah Swt, rasulNya, kedua orang tua, dan guru dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan bercerita, siswa dapat mengomunikasikan pengalaman dalam menerapkan
sikap taat dan patuh terhadap Allah Swt, rasulNya, kedua orang tua, dan guru
dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa mengamati
gambar orang sholat berjamaah, anak bersalaman dengan orangtua dan manasik
haji. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan tentang taat dan patuh terhadap Allah Swt, rasulNya, kedua orang
tua, dan guru. e.
Siswa
berdiskusi tentang taat dan patuh terhadap Allah Swt, rasulNya, kedua orang
tua, dan guru. f.
Siswa
memberikan tanda centang tentang taat dan patuh terhadap Allah Swt, rasulNya,
kedua orang tua, dan guru pada kolom yang sesuai. g.
Siswa menyusun
huruf acak menjadi kata yang sesuai dengan pernyataan yang tersedia tentang taat
dan patuh terhadap Allah Swt, rasulNya, kedua orang tua, dan guru. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.4
Menerapkan sikap taat dan patuh terhadap Allah Swt, rasulNya, kedua orang
tua, dan guru 4.4
Mengomunikasikan pengalaman dalam menerapkan sikap taat dan patuh terhadap Allah
Swt, rasulNya, kedua orang tua, dan guru dalam kehidupan sehari-hari |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami sepuluh nama-nama malaikat Allah Swt yang wajib diketahui dan
tugas-tugasnya. 2.
Mampu
mengomunikasikan sepuluh nama-nama malaikat Allah Swt yang wajib diketahui
dan tugas-tugasnya. |
|
D. Materi Esensi Sikap taat
dan patuh terhadap Allah Swt, rasulNya, kedua orang tua, dan guru |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas III. (Hal. 31-43) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
………………..,
Juli 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
…………………….. …………………………
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ………………………….
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
III/Ganjil
Materi Pokok :
kisah keteladanan Nabi Ismail a.s
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami kisah keteladanan Nabi Ismail a.s dengan
benar. 2.
Melalui
kegiatan bercerita, siswa dapat mengomunikasikan sikap patuh terhadap Allah
Swt, dan orang tua melalui kisah dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar kisah Nabi Ismail a.s, tempat bersejarah di Mekkah dan
munculnya air Zamzam. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan tentang kisah Nabi Ismail a.s, hikmah, keteladannya, dan
menghormati orangtua. e.
Siswa memberi
tanda ceklis sesuai sikapmu pada kolom tentang keteladanan Nabi Ismail a.s. f.
Siswa
melakukan kegiatan mandiri merenung, meneladani, serta contoh keteladanan
Nabi Ismail a.s. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.5 Memahami
kisah keteladanan Nabi Ismail a.s 4.5
Mengomunikasikan sikap patuh terhadap Allah Swt, dan orang tua melalui kisah
Nabi Ismail a.s |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami kisah keteladanan Nabi Ismail a.s. 2.
Mampu
mengomunikasikan kisah keteladaan Nabi Ismail a.s. 3.
Mampu
meneladani sikap Nabi Ismail a.s. |
|
D. Materi Esensi |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas III. (Hal. 44-54) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
………………..,
Juli 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
…………………….. …………………………
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ………………………….
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
III/Genap
Materi Pokok :
Makna al-Kabiir dan al-'Adhiim
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami makna al-Kabiir dan al-'Adhiim dengan
benar. 2.
Melalui
kegiatan diskusi, siswa dapat menyajikan arti dan bukti sederhana asma Allah al-Kabiir
dan al-'Adhiim dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar astronot dan langit. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan Asma’ul Husna al-'Adhiim dan al-Kabiir. e.
Siswa menghafalkan
Asma’ul Husna al-Kabiir dan al-'Adhiim beserta atinya. f.
Siswa
berdiskusi tentang Asma’ul Husna al-Kabiir dan al-'Adhiim dan
mempresentasikan hasilnya. g.
Siswa diminta
menuliskan Asma’ul Husna al-Kabiir dan al-'Adhiim serta menghiasinya dengan
indah. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.6 Memahami
makna al-Kabiir dan al-'Adhiim 4.6 Mengomunikasikan
arti dan bukti sederhana asma Allah al-Kabiir dan al-'Adhiim |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami makna al-Kabiir dan al-'Adhiim. 2.
Mampu
mengomunikasikan arti dan bukti sederhana asma Allah al-Kabiir dan al-'Adhiim. 3.
Mampu
bersikap sesuai asma Allah al-Kabiir dan al-'Adhiim. |
|
D. Materi Esensi Makna
al-Kabiir dan al-'Adhiim |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas III. (Hal. 58-65) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
………………..,
Januari 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
…………………….. …………………………
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ………………………….
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester : III/Genap
Materi Pokok :
Keimanan adanya Surga dan Neraka
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami keimanan adanya Surga dan Neraka
dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan berdiskusi, siswa dapat menyajikan dalil al-Qur'an adanya surga dan
neraka dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar air terjun, rumag yang mewah, orang yang melewati
sirotolmustaqim dan orang yang disiksa di neraka. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan tentang nama-nama surga dan neraka beserta dalil-dalinya. e.
Siswa mencari
5 nama surga dan 5 nama neraka dari huruf yang diacak yang ada di dalam kotak. f.
Siswa
berdiskusi tentang 10 (sepuluh) macam amalan yang
bisa menjauhkan kita dari api neraka. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.7 Memahami keimanan adanya Surga dan Neraka 4.7 Menyajikan
dalil al-Qur'an adanya surga dan neraka |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami keimanan adanya Surga dan Neraka. 2.
Mampu menyajikan
dalil al-Qur'an adanya surga dan neraka. 3.
Mampu
menyebutkan nama-nama surga dan neraka |
|
D. Materi Esensi Keimanan
adanya Surga dan Neraka |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas III. (Hal. 66-77) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
………………..,
Januari 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
…………………….. …………………………
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ………………………….
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
III/Genap
Materi Pokok :
Sikap pantang menyerah, pemberani, dan tolong-menolong
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat menerapkan sikap pantang menyerah,
pemberani, dan tolong-menolong dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat mengomunikasikan pengalaman dalam menerapkan
sikap pantang menyerah, pemberani, dan tolong-menolong dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar orang yang melompat dari batu ke batu yang lain dan orang
yang naik tangga. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa diberikan
kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan tentang sikap pantang menyerah, pemberani, dan tolong-menolong. e.
Siswa bermain
teka-teka silang tentang sikap pantang menyerah, pemberani, dan
tolong-menolong. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.8
Menerapkan sikap pantang menyerah, pemberani, dan tolong-menolong 4.8
Mengomunikasikan pengalaman dalam menerapkan sikap pantang menyerah,
pemberani, dan tolong-menolong |
|
C. Indikator 1.
Mampu menerapkan
sikap pantang menyerah, pemberani, dan tolong-menolong. 2.
Mampu mengomunikasikan
pengalaman dalam menerapkan sikap pantang menyerah, pemberani, dan
tolong-menolong. |
|
D. Materi Esensi Sikap pantang
menyerah, pemberani, dan tolong-menolong |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas III. (Hal. 78-89) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
………………..,
Januari 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
…………………….. …………………………
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ………………………….
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester : III/Genap
Materi Pokok :
Adab terhadap tetangga dan lingkungan
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat menerapkan adab terhadap tetangga dan
lingkungan dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan diskusi, siswa dapat mempraktikkan adab terhadap tetangga, dan
lingkungan dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar bencana banjir dan kebakaran. b.
Guru menanyakan
apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan tentang adab hidup bertetangga. e.
Siswa berdiskusi
tentang hidup bertetangga dan mempresentasikannya. f.
Siswa diminta
menuliskan nama dari anggota keluarga dari tetanga yang ada di sekitarmu dan
melaporkannya. g.
Siswa
memberikan tanda centang jika setuju, kurang setuju dan tidak setuju beserta
alasannya pada kolom tentang adab terhadap tetangga. h.
Guru
menjelaskan tentang adab terhadap lingkungan, adab terhadap binatang dan
tumbuhan. i.
Siswa
berdiskusi tentang pentingnya menjaga kelestarian
lingkungan dalam kehidupan sehari-hari dan mempresentasikannya. j.
Siswa membuat
karangan tentang pelestarian lingkungan menggunakan kata-katanya sendiri. k.
Siswa
memberikan tanda centang jika setuju, dan tidak setuju beserta alasannya pada
kolom tentang adab terhadap lingkungan. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.9
Menerapkan adab terhadap tetangga dan lingkungan 4.9
Mempraktikkan adab terhadap tetangga, dan lingkungan |
|
C. Indikator 1.
Mampu
menerapkan adab terhadap tetangga dan lingkungan. 2.
Mampu mempraktikkan
adab terhadap tetangga, dan lingkungan. |
|
D. Materi Esensi Adab terhadap
tetangga dan lingkungan |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas III. (Hal. 90-105) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
………………..,
Januari 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
…………………….. …………………………
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ………………………….
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
III/Genap
Materi Pokok :
Larangan sikap durhaka kepada orang tua melalui kisah Kan'an
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami larangan sikap durhaka kepada orang
tua melalui kisah Kan'an dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan diskusi, siswa dapat mengomunikasikan cerita Kan'an tentang larangan
berbuat durhaka kepada orang tua dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar ibu yang hamil, anak yang melewati ayah dan anak yang
belajar mengaji kepada ayahnya. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan tentang durhaka kepada orangtua dan menghindari
sifat durhaka melalui kisah Kan’an. e.
Siswa
berdiskusi tentang akibat-akibat perilaku durhaka kepada orangtua. f.
Siswa
memberikan tanda centang pernah atau tidak pernah pada kolom tentang perilaku
terhadap orangtua. g.
Guru menyusun
huruf pada kotak menjadi kata yang bermakna sesuai penyataan. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.10 Memahami
larangan sikap durhaka kepada orang tua melalui kisah Kan'an 4.10
Mengomunikasikan cerita Kan'an tentang larangan berbuat durhaka kepada orang
tua |
|
C. Indikator 1.
Mampu memahami
larangan sikap durhaka kepada orang tua melalui kisah Kan'an. 2.
Mampu
mempraktikkan adab yang baik terhadap orangtua. |
|
D. Materi Esensi Larangan
sikap durhaka kepada orang tua melalui kisah Kan'an |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas III. (Hal. 106-115) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
………………..,
Januari 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
…………………….. …………………………
Komentar
Posting Komentar