RPP AKIDAH AKHLAQ KELAS 3

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Satuan Pendidikan         : MI ………………………….

Mata Pelajaran/Tema               : Akidah Akhlak         

Kelas/Semester                                    : III/Ganjil

Materi Pokok                           : Makna sikap bersyukur

Alokasi Waktu                         : ….. JP X 35 Menit

 

A. Tujuan Pembelajaran

1.     Melalui kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami makna sikap bersyukur dengan benar.

2.     Melalui kegiatan bercerita, siswa dapat mengomunikasikan contoh perilaku syukur dengan tepat.

G. Kegiatan Pembelajaran

1. Pendahuluan

a.    Salam dan do’a

b.    Apersepsi

c.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

 

2. Inti

a.    Siswa mengamati gambar pasien di rumah sakit dan gambar rekreasi ke pantai.

b.    Guru menanyakan apa makna pada gambar.

c.    Siswa diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi.

d.    Guru menjelaskan tentang syukur nikmat.

e.    Siswa mengamati gambar dan berdiskusi tentang sikap bersyukur.

f.     Siswa mengamati gambar dan menuliskan hikmah bersyukur serta mempresentasikannya di depan kelas.

g.    Siswa menggambar tulisan Alhamdulillah dan mewarnainya dengan bagus.

 

3. Penutup

a.    Guru dan siswa menyimpulkan materi bersama.

b.    Guru dan siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya.

c.    Doa penutup dan salam.

B. Kompetensi Dasar

3.1 Memahami makna sikap bersyukur

4.1 Mengomunikasikan contoh perilaku syukur

C. Indikator

1.     Mampu memahami makna sikap bersyukur.

2.     Mampu mengomunikasikan contoh perilaku syukur.

D. Materi Esensi

Makna sikap bersyukur

E. Metode

Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

F. Media/Sumber Belajar

1.     Buku Siswa Akidah Akhlak Kelas III. (Hal. 1-11) unduh di kamimadrasah.blogspot.com

2.     Benda-benda yang ada di sekitar sekolah.

H. Penilaian

1.    Spiritual: pengamatan, observasi, jurnal

2.    Sosial: pengamatan, observasi, jurnal

3.    Pengetahuan: tulis, lisan

4.    Keterampilan: produk, kinerja, portofolio

 

……………….., Juli 2022

Mengetahui,                                                                            

Kepala Madrasah                                                                     Guru Akidah Akhlak

 

 

 

 

……………………..                                                                …………………………

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Satuan Pendidikan         : MI ………………………….

Mata Pelajaran/Tema               : Akidah Akhlak         

Kelas/Semester                                    : III/Ganjil

Materi Pokok                           : Makna ar-Razzaaq dan al-Wahhaab

Alokasi Waktu                         : ….. JP X 35 Menit

 

A. Tujuan Pembelajaran

1.    Melalui kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami makna ar-Razzaaq dan al-Wahhaab dengan benar.

2.    Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat menyajikan arti dan bukti sederhana asma Allah ar-Razzaaq dan al-Wahhaab dengan tepat.

G. Kegiatan Pembelajaran

1. Pendahuluan

a.    Salam dan do’a

b.    Apersepsi

c.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

 

2. Inti

a.     Siswa mengamati gambar anak memgang kelinci dan burung yang terbang.

b.    Guru menanyakan apa makna pada gambar.

c.     Siswa diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi.

d.    Guru menjelaskan Asma’ul Husna al-Wahhaab.

e.     Siswa mengamati Surah az-Zariyat ayat 58 dan gambar anak bersedekah.

f.     Guru menanyakan apa makna pada gambar.

g.     Siswa diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi.

h.    Guru menjelaskan Asma’ul Husna ar-Razzaaq.

i.      Siswa diminta memberikan tanggapan terhadap pernyataan tentang ar-Razzaaq dan al-Wahhaab

j.      Siswa berdiskusi tentang Asma’ul Husna ar-Razzaaq dan al-Wahhaab dan mempresentasikan hasilnya.

k.    Siswa diminta menuliskan Asma’ul Husna ar-Razzaaq dan al-Wahhaab serta menghiasinya dengan indah.

 

3. Penutup

a.    Guru dan siswa menyimpulkan materi bersama.

b.    Guru dan siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya.

c.    Doa penutup dan salam.

B. Kompetensi Dasar

3.2 Memahami makna ar-Razzaaq dan al-Wahhaab

4.2 Menyajikan arti dan bukti sederhana asma Allah ar-Razzaaq dan al-Wahhaab

C. Indikator

1.     Mampu memahami makna ar-Razzaaq dan al-Wahhaab.

2.     Mampu mengomunikasikan arti dan bukti sederhana asma Allah ar-Razzaaq dan al-Wahhaab.

3.     Mampu bersikap sesuai asma Allah ar-Razzaaq dan al-Wahhaab.

D. Materi Esensi

Makna ar-Razzaaq dan al-Wahhaab

E. Metode

Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

F. Media/Sumber Belajar

1.     Buku Siswa Akidah Akhlak Kelas III. (Hal. 12-20) unduh di kamimadrasah.blogspot.com

2.     Benda-benda yang ada di sekitar sekolah.

H. Penilaian

1.    Spiritual: pengamatan, observasi, jurnal

2.    Sosial: pengamatan, observasi, jurnal

3.    Pengetahuan: tulis, lisan

4.    Keterampilan: produk, kinerja, portofolio

 

……………….., Juli 2022

Mengetahui,                                                                            

Kepala Madrasah                                                                     Guru Akidah Akhlak

 

 

 

 

……………………..                                                                …………………………

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Satuan Pendidikan         : MI ………………………….

Mata Pelajaran/Tema               : Akidah Akhlak         

Kelas/Semester                                    : III/Ganjil

Materi Pokok                           : Sepuluh nama-nama malaikat Allah Swt yang wajib diketahui dan tugas-tugasnya

Alokasi Waktu                         : ….. JP X 35 Menit

 

A. Tujuan Pembelajaran

1.     Melalui kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami sepuluh nama-nama malaikat Allah Swt yang wajib diketahui dan tugas-tugasnya dengan benar.

2.     Melalui kegiatan bercerita, siswa dapat mengomunikasikan sepuluh nama-nama malaikat Allah Swt yang wajib diketahui dan tugas-tugasnya dengan tepat.

G. Kegiatan Pembelajaran

1. Pendahuluan

a.    Salam dan do’a

b.    Apersepsi

c.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

 

2. Inti

a.     Siswa mengamati gambar orang mati, orang sholat berjamaah dan orang sedang makan.

b.    Guru menanyakan apa makna pada gambar.

c.     Siswa diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi.

d.    Guru menanyakan hubungan gambar di atas dengan rukun iman.

e.     Guru menjelaskan tentang malaikat, nama dan tugas malaikat serta hikmah beriman kepada malaikat.

f.     Siswa berdiskusi tentang sikap bersyukur dengan disajikan ilutrasi kasus.

g.     Siswa memberikan tanda centang tentang malaikat pada kolom yang sesuai.

h.    Siswa memberikan tanda centang pada kolom setuju atau tidak setuju disertai alasannya tentang malaikat.

 

3. Penutup

a.    Guru dan siswa menyimpulkan materi bersama.

b.    Guru dan siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya.

c.    Doa penutup dan salam.

B. Kompetensi Dasar

3.3 Memahami sepuluh nama-nama malaikat Allah Swt yang wajib diketahui dan tugas-tugasnya

4.3 Mengomunikasikan sepuluh nama-nama malaikat Allah Swt yang wajib diketahui dan tugas-tugasnya

C. Indikator

1.     Mampu memahami sepuluh nama-nama malaikat Allah Swt yang wajib diketahui dan tugas-tugasnya.

2.     Mampu mengomunikasikan sepuluh nama-nama malaikat Allah Swt yang wajib diketahui dan tugas-tugasnya.

D. Materi Esensi

Sepuluh nama-nama malaikat Allah Swt yang wajib diketahui dan tugas-tugasnya

E. Metode

Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

F. Media/Sumber Belajar

1.     Buku Siswa Akidah Akhlak Kelas III. (Hal. 21-30) unduh di kamimadrasah.blogspot.com

2.     Benda-benda yang ada di sekitar sekolah.

H. Penilaian

1.    Spiritual: pengamatan, observasi, jurnal

2.    Sosial: pengamatan, observasi, jurnal

3.    Pengetahuan: tulis, lisan

4.    Keterampilan: produk, kinerja, portofolio

 

……………….., Juli 2022

Mengetahui,                                                                            

Kepala Madrasah                                                                     Guru Akidah Akhlak

 

 

 

 

……………………..                                                                …………………………

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Satuan Pendidikan         : MI ………………………….

Mata Pelajaran/Tema               : Akidah Akhlak         

Kelas/Semester                                    : III/Ganjil

Materi Pokok                           : Sikap taat dan patuh terhadap Allah Swt, rasulNya, kedua orang tua, dan guru

Alokasi Waktu                         : ….. JP X 35 Menit

 

A. Tujuan Pembelajaran

1.     Melalui kegiatan pengamatan, siswa dapat menerapkan sikap taat dan patuh terhadap Allah Swt, rasulNya, kedua orang tua, dan guru dengan benar.

2.     Melalui kegiatan bercerita, siswa dapat mengomunikasikan pengalaman dalam menerapkan sikap taat dan patuh terhadap Allah Swt, rasulNya, kedua orang tua, dan guru dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

G. Kegiatan Pembelajaran

1. Pendahuluan

a.     Salam dan do’a

b.    Apersepsi

c.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

 

2. Inti

a.    Siswa mengamati gambar orang sholat berjamaah, anak bersalaman dengan orangtua dan manasik haji.

b.    Guru menanyakan apa makna pada gambar.

c.    Siswa diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi.

d.    Guru menjelaskan tentang taat dan patuh terhadap Allah Swt, rasulNya, kedua orang tua, dan guru.

e.    Siswa berdiskusi tentang taat dan patuh terhadap Allah Swt, rasulNya, kedua orang tua, dan guru.

f.     Siswa memberikan tanda centang tentang taat dan patuh terhadap Allah Swt, rasulNya, kedua orang tua, dan guru pada kolom yang sesuai.

g.    Siswa menyusun huruf acak menjadi kata yang sesuai dengan pernyataan yang tersedia tentang taat dan patuh terhadap Allah Swt, rasulNya, kedua orang tua, dan guru.

 

3. Penutup

a.    Guru dan siswa menyimpulkan materi bersama.

b.    Guru dan siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya.

c.    Doa penutup dan salam.

B. Kompetensi Dasar

3.4 Menerapkan sikap taat dan patuh terhadap Allah Swt, rasulNya, kedua orang tua, dan guru

4.4 Mengomunikasikan pengalaman dalam menerapkan sikap taat dan patuh terhadap Allah Swt, rasulNya, kedua orang tua, dan guru dalam kehidupan sehari-hari

C. Indikator

1.     Mampu memahami sepuluh nama-nama malaikat Allah Swt yang wajib diketahui dan tugas-tugasnya.

2.     Mampu mengomunikasikan sepuluh nama-nama malaikat Allah Swt yang wajib diketahui dan tugas-tugasnya.

D. Materi Esensi

Sikap taat dan patuh terhadap Allah Swt, rasulNya, kedua orang tua, dan guru

E. Metode

Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

F. Media/Sumber Belajar

1.     Buku Siswa Akidah Akhlak Kelas III. (Hal. 31-43) unduh di kamimadrasah.blogspot.com

2.     Benda-benda yang ada di sekitar sekolah.

H. Penilaian

1.    Spiritual: pengamatan, observasi, jurnal

2.    Sosial: pengamatan, observasi, jurnal

3.    Pengetahuan: tulis, lisan

4.    Keterampilan: produk, kinerja, portofolio

 

……………….., Juli 2022

Mengetahui,                                                                            

Kepala Madrasah                                                                     Guru Akidah Akhlak

 

 

 

 

……………………..                                                                …………………………

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Satuan Pendidikan         : MI ………………………….

Mata Pelajaran/Tema               : Akidah Akhlak         

Kelas/Semester                                    : III/Ganjil

Materi Pokok                           : kisah keteladanan Nabi Ismail a.s

Alokasi Waktu                         : ….. JP X 35 Menit

 

A. Tujuan Pembelajaran

1.     Melalui kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami kisah keteladanan Nabi Ismail a.s dengan benar.

2.     Melalui kegiatan bercerita, siswa dapat mengomunikasikan sikap patuh terhadap Allah Swt, dan orang tua melalui kisah dengan tepat.

G. Kegiatan Pembelajaran

1. Pendahuluan

a.    Salam dan do’a

b.    Apersepsi

c.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

 

2. Inti

a.    Siswa mengamati gambar kisah Nabi Ismail a.s, tempat bersejarah di Mekkah dan munculnya air Zamzam.

b.    Guru menanyakan apa makna pada gambar.

c.    Siswa diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi.

d.    Guru menjelaskan tentang kisah Nabi Ismail a.s, hikmah, keteladannya, dan menghormati orangtua.

e.    Siswa memberi tanda ceklis sesuai sikapmu pada kolom tentang keteladanan Nabi Ismail a.s.

f.     Siswa melakukan kegiatan mandiri merenung, meneladani, serta contoh keteladanan Nabi Ismail a.s.

 

3. Penutup

a.     Guru dan siswa menyimpulkan materi bersama.

b.    Guru dan siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya.

c.     Doa penutup dan salam.

B. Kompetensi Dasar

3.5 Memahami kisah keteladanan Nabi Ismail a.s

4.5 Mengomunikasikan sikap patuh terhadap Allah Swt, dan orang tua melalui kisah Nabi Ismail a.s

C. Indikator

1.     Mampu memahami kisah keteladanan Nabi Ismail a.s.

2.     Mampu mengomunikasikan kisah keteladaan Nabi Ismail a.s.

3.     Mampu meneladani sikap Nabi Ismail a.s.

D. Materi Esensi

 

E. Metode

Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

F. Media/Sumber Belajar

1.     Buku Siswa Akidah Akhlak Kelas III. (Hal. 44-54) unduh di kamimadrasah.blogspot.com

2.     Benda-benda yang ada di sekitar sekolah.

H. Penilaian

1.    Spiritual: pengamatan, observasi, jurnal

2.    Sosial: pengamatan, observasi, jurnal

3.    Pengetahuan: tulis, lisan

4.    Keterampilan: produk, kinerja, portofolio

 

……………….., Juli 2022

Mengetahui,                                                                            

Kepala Madrasah                                                                     Guru Akidah Akhlak

 

 

 

 

……………………..                                                                …………………………

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Satuan Pendidikan         : MI ………………………….

Mata Pelajaran/Tema               : Akidah Akhlak         

Kelas/Semester                                    : III/Genap

Materi Pokok                           : Makna al-Kabiir dan al-'Adhiim

Alokasi Waktu                         : ….. JP X 35 Menit

 

A. Tujuan Pembelajaran

1.     Melalui kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami makna al-Kabiir dan al-'Adhiim dengan benar.

2.     Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat menyajikan arti dan bukti sederhana asma Allah al-Kabiir dan al-'Adhiim dengan tepat.

G. Kegiatan Pembelajaran

1. Pendahuluan

a.    Salam dan do’a

b.    Apersepsi

c.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

 

2. Inti

a.    Siswa mengamati gambar astronot dan langit.

b.    Guru menanyakan apa makna pada gambar.

c.    Siswa diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi.

d.    Guru menjelaskan Asma’ul Husna al-'Adhiim dan al-Kabiir.

e.    Siswa menghafalkan Asma’ul Husna al-Kabiir dan al-'Adhiim beserta atinya.

f.     Siswa berdiskusi tentang Asma’ul Husna al-Kabiir dan al-'Adhiim dan mempresentasikan hasilnya.

g.    Siswa diminta menuliskan Asma’ul Husna al-Kabiir dan al-'Adhiim serta menghiasinya dengan indah.

 

3. Penutup

a.    Guru dan siswa menyimpulkan materi bersama.

b.    Guru dan siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya.

c.    Doa penutup dan salam.

B. Kompetensi Dasar

3.6 Memahami makna al-Kabiir dan al-'Adhiim

4.6 Mengomunikasikan arti dan bukti sederhana asma Allah al-Kabiir dan al-'Adhiim

C. Indikator

1.     Mampu memahami makna al-Kabiir dan al-'Adhiim.

2.     Mampu mengomunikasikan arti dan bukti sederhana asma Allah al-Kabiir dan al-'Adhiim.

3.     Mampu bersikap sesuai asma Allah al-Kabiir dan al-'Adhiim.

D. Materi Esensi

Makna al-Kabiir dan al-'Adhiim

E. Metode

Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

F. Media/Sumber Belajar

1.     Buku Siswa Akidah Akhlak Kelas III. (Hal. 58-65) unduh di kamimadrasah.blogspot.com

2.     Benda-benda yang ada di sekitar sekolah.

H. Penilaian

1.    Spiritual: pengamatan, observasi, jurnal

2.    Sosial: pengamatan, observasi, jurnal

3.    Pengetahuan: tulis, lisan

4.    Keterampilan: produk, kinerja, portofolio

 

……………….., Januari 2022

Mengetahui,                                                                            

Kepala Madrasah                                                                     Guru Akidah Akhlak

 

 

 

 

……………………..                                                                …………………………

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Satuan Pendidikan         : MI ………………………….

Mata Pelajaran/Tema               : Akidah Akhlak         

Kelas/Semester                                    : III/Genap

Materi Pokok                           : Keimanan adanya Surga dan Neraka

Alokasi Waktu                         : ….. JP X 35 Menit

 

A. Tujuan Pembelajaran

1.    Melalui kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami keimanan adanya Surga dan Neraka dengan benar.

2.    Melalui kegiatan berdiskusi, siswa dapat menyajikan dalil al-Qur'an adanya surga dan neraka dengan tepat.

G. Kegiatan Pembelajaran

1. Pendahuluan

a.     Salam dan do’a

b.    Apersepsi

c.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

 

2. Inti

a.     Siswa mengamati gambar air terjun, rumag yang mewah, orang yang melewati sirotolmustaqim dan orang yang disiksa di neraka.

b.    Guru menanyakan apa makna pada gambar.

c.     Siswa diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi.

d.    Guru menjelaskan tentang nama-nama surga dan neraka beserta dalil-dalinya.

e.     Siswa mencari 5 nama surga dan 5 nama neraka dari huruf yang diacak yang ada di dalam kotak.

f.     Siswa berdiskusi tentang 10 (sepuluh) macam amalan yang bisa menjauhkan kita dari api neraka.

 

3. Penutup

a.     Guru dan siswa menyimpulkan materi bersama.

b.    Guru dan siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya.

c.     Doa penutup dan salam.

B. Kompetensi Dasar

3.7 Memahami keimanan adanya Surga dan Neraka

4.7 Menyajikan dalil al-Qur'an adanya surga dan neraka

C. Indikator

1.     Mampu memahami keimanan adanya Surga dan Neraka.

2.     Mampu menyajikan dalil al-Qur'an adanya surga dan neraka.

3.     Mampu menyebutkan nama-nama surga dan neraka

D. Materi Esensi

Keimanan adanya Surga dan Neraka

E. Metode

Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

F. Media/Sumber Belajar

1.     Buku Siswa Akidah Akhlak Kelas III. (Hal. 66-77) unduh di kamimadrasah.blogspot.com

2.     Benda-benda yang ada di sekitar sekolah.

H. Penilaian

1.    Spiritual: pengamatan, observasi, jurnal

2.    Sosial: pengamatan, observasi, jurnal

3.    Pengetahuan: tulis, lisan

4.    Keterampilan: produk, kinerja, portofolio

 

……………….., Januari 2022

Mengetahui,                                                                            

Kepala Madrasah                                                                     Guru Akidah Akhlak

 

 

 

 

……………………..                                                                …………………………

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Satuan Pendidikan         : MI ………………………….

Mata Pelajaran/Tema               : Akidah Akhlak         

Kelas/Semester                                    : III/Genap

Materi Pokok                           : Sikap pantang menyerah, pemberani, dan tolong-menolong

Alokasi Waktu                         : ….. JP X 35 Menit

 

A. Tujuan Pembelajaran

1.     Melalui kegiatan pengamatan, siswa dapat menerapkan sikap pantang menyerah, pemberani, dan tolong-menolong dengan benar.

2.     Melalui kegiatan pengamatan, siswa dapat mengomunikasikan pengalaman dalam menerapkan sikap pantang menyerah, pemberani, dan tolong-menolong dengan tepat.

G. Kegiatan Pembelajaran

1. Pendahuluan

a.     Salam dan do’a

b.    Apersepsi

c.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

 

2. Inti

a.     Siswa mengamati gambar orang yang melompat dari batu ke batu yang lain dan orang yang naik tangga.

b.    Guru menanyakan apa makna pada gambar.

c.     Siswa diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi.

d.    Guru menjelaskan tentang sikap pantang menyerah, pemberani, dan tolong-menolong.

e.     Siswa bermain teka-teka silang tentang sikap pantang menyerah, pemberani, dan tolong-menolong.

 

3. Penutup

a.     Guru dan siswa menyimpulkan materi bersama.

b.    Guru dan siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya.

c.     Doa penutup dan salam.

B. Kompetensi Dasar

3.8 Menerapkan sikap pantang menyerah, pemberani, dan tolong-menolong

4.8 Mengomunikasikan pengalaman dalam menerapkan sikap pantang menyerah, pemberani, dan tolong-menolong

C. Indikator

1.     Mampu menerapkan sikap pantang menyerah, pemberani, dan tolong-menolong.

2.     Mampu mengomunikasikan pengalaman dalam menerapkan sikap pantang menyerah, pemberani, dan tolong-menolong.

D. Materi Esensi

Sikap pantang menyerah, pemberani, dan tolong-menolong

E. Metode

Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

F. Media/Sumber Belajar

1.     Buku Siswa Akidah Akhlak Kelas III. (Hal. 78-89) unduh di kamimadrasah.blogspot.com

2.     Benda-benda yang ada di sekitar sekolah.

H. Penilaian

1.    Spiritual: pengamatan, observasi, jurnal

2.    Sosial: pengamatan, observasi, jurnal

3.    Pengetahuan: tulis, lisan

4.    Keterampilan: produk, kinerja, portofolio

 

……………….., Januari 2022

Mengetahui,                                                                            

Kepala Madrasah                                                                     Guru Akidah Akhlak

 

 

 

 

……………………..                                                                …………………………

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Satuan Pendidikan         : MI ………………………….

Mata Pelajaran/Tema               : Akidah Akhlak         

Kelas/Semester                                    : III/Genap

Materi Pokok                           : Adab terhadap tetangga dan lingkungan

Alokasi Waktu                         : ….. JP X 35 Menit

 

A. Tujuan Pembelajaran

1.     Melalui kegiatan pengamatan, siswa dapat menerapkan adab terhadap tetangga dan lingkungan dengan benar.

2.     Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat mempraktikkan adab terhadap tetangga, dan lingkungan dengan tepat.

G. Kegiatan Pembelajaran

1. Pendahuluan

a.    Salam dan do’a

b.    Apersepsi

c.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

 

2. Inti

a.    Siswa mengamati gambar bencana banjir dan kebakaran.

b.    Guru menanyakan apa makna pada gambar.

c.    Siswa diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi.

d.    Guru menjelaskan tentang adab hidup bertetangga.

e.    Siswa berdiskusi tentang hidup bertetangga dan mempresentasikannya.

f.     Siswa diminta menuliskan nama dari anggota keluarga dari tetanga yang ada di sekitarmu dan melaporkannya.

g.    Siswa memberikan tanda centang jika setuju, kurang setuju dan tidak setuju beserta alasannya pada kolom tentang adab terhadap tetangga.

h.    Guru menjelaskan tentang adab terhadap lingkungan, adab terhadap binatang dan tumbuhan.

i.      Siswa berdiskusi tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dalam kehidupan sehari-hari dan mempresentasikannya.

j.      Siswa membuat karangan tentang pelestarian lingkungan menggunakan kata-katanya sendiri.

k.    Siswa memberikan tanda centang jika setuju, dan tidak setuju beserta alasannya pada kolom tentang adab terhadap lingkungan.

 

3. Penutup

a.     Guru dan siswa menyimpulkan materi bersama.

b.    Guru dan siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya.

c.     Doa penutup dan salam.

B. Kompetensi Dasar

3.9 Menerapkan adab terhadap tetangga dan lingkungan

4.9 Mempraktikkan adab terhadap tetangga, dan lingkungan

C. Indikator

1.     Mampu menerapkan adab terhadap tetangga dan lingkungan.

2.     Mampu mempraktikkan adab terhadap tetangga, dan lingkungan.

D. Materi Esensi

Adab terhadap tetangga dan lingkungan

E. Metode

Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

F. Media/Sumber Belajar

1.     Buku Siswa Akidah Akhlak Kelas III. (Hal. 90-105) unduh di kamimadrasah.blogspot.com

2.     Benda-benda yang ada di sekitar sekolah.

H. Penilaian

1.    Spiritual: pengamatan, observasi, jurnal

2.    Sosial: pengamatan, observasi, jurnal

3.    Pengetahuan: tulis, lisan

4.    Keterampilan: produk, kinerja, portofolio

 

……………….., Januari 2022

Mengetahui,                                                                            

Kepala Madrasah                                                                     Guru Akidah Akhlak

 

 

 

 

……………………..                                                                …………………………

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Satuan Pendidikan         : MI ………………………….

Mata Pelajaran/Tema               : Akidah Akhlak         

Kelas/Semester                                    : III/Genap

Materi Pokok                           : Larangan sikap durhaka kepada orang tua melalui kisah Kan'an

Alokasi Waktu                         : ….. JP X 35 Menit

 

A. Tujuan Pembelajaran

1.     Melalui kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami larangan sikap durhaka kepada orang tua melalui kisah Kan'an dengan benar.

2.     Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat mengomunikasikan cerita Kan'an tentang larangan berbuat durhaka kepada orang tua dengan tepat.

G. Kegiatan Pembelajaran

1. Pendahuluan

a.     Salam dan do’a

b.    Apersepsi

c.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

 

2. Inti

a.     Siswa mengamati gambar ibu yang hamil, anak yang melewati ayah dan anak yang belajar mengaji kepada ayahnya.

b.    Guru menanyakan apa makna pada gambar.

c.     Siswa diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi.

d.    Guru menjelaskan tentang durhaka kepada orangtua dan menghindari sifat durhaka melalui kisah Kan’an.

e.     Siswa berdiskusi tentang akibat-akibat perilaku durhaka kepada orangtua.

f.     Siswa memberikan tanda centang pernah atau tidak pernah pada kolom tentang perilaku terhadap orangtua.

g.     Guru menyusun huruf pada kotak menjadi kata yang bermakna sesuai penyataan.

 

3. Penutup

a.     Guru dan siswa menyimpulkan materi bersama.

b.    Guru dan siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya.

c.     Doa penutup dan salam.

B. Kompetensi Dasar

3.10 Memahami larangan sikap durhaka kepada orang tua melalui kisah Kan'an

4.10 Mengomunikasikan cerita Kan'an tentang larangan berbuat durhaka kepada orang tua

C. Indikator

1.     Mampu memahami larangan sikap durhaka kepada orang tua melalui kisah Kan'an.

2.     Mampu mempraktikkan adab yang baik terhadap orangtua.

D. Materi Esensi

Larangan sikap durhaka kepada orang tua melalui kisah Kan'an

E. Metode

Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

F. Media/Sumber Belajar

1.     Buku Siswa Akidah Akhlak Kelas III. (Hal. 106-115) unduh di kamimadrasah.blogspot.com

2.     Benda-benda yang ada di sekitar sekolah.

H. Penilaian

1.    Spiritual: pengamatan, observasi, jurnal

2.    Sosial: pengamatan, observasi, jurnal

3.    Pengetahuan: tulis, lisan

4.    Keterampilan: produk, kinerja, portofolio

 

……………….., Januari 2022

Mengetahui,                                                                            

Kepala Madrasah                                                                     Guru Akidah Akhlak

 

 

 

 

……………………..                                                                …………………………

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh RPP Qalqalah

LKS QALQALAH MI KELAS III