RPP AKIDAH AKHLAQ KELAS 5
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ……………………………….
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
V/Ganjil
Materi Pokok :
Makna dan ketentuan penerapan kalimat Hauqalah
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami makna dan ketentuan penerapan
kalimat hauqalah (Laa haula walaa quwwata illa billaah hil `aliyyil adhiim)
dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan berdiskusi, siswa dapat mengomunikasikan contoh penerapan kalimat
hauqalah (Laa haula walaa quwwata illa billaah hil `aliyyil adhiim) dan
artinya dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar seorang anak akan berangkat ke madrasah. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan tentang kalimat Hauqalah. e.
Guru
melafalkan kalimat Hauqalah dan siswa menirukannya bersama-sama. f.
Siswa
berdiskusi tentang kalimat Hauqalah dan mempresentasikannya. g.
Guru
menjelaskan tentang mengucapkan kalimat Hauqalah, waktu mengucapkan kalimat
Hauqalah, dan hikmah kalimat Hauqalah. h.
Siswa
berdiskusi tentang mengucapkan kalimat Hauqalah, waktu mengucapkan kalimat
Hauqalah, dan hikmah kalimat Hauqalah dan mempresentasikannya 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.1 Memahami
makna dan ketentuan penerapan kalimat hauqalah (Laa haula walaa quwwata illa
billaah hil `aliyyil adhiim) 4.1
Mengomunikasikan contoh penerapan kalimat hauqalah (Laa haula walaa quwwata
illa billaah hil `aliyyil adhiim) dan artinya dalam kehidupan sehari-hari |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami makna dan ketentuan penerapan kalimat hauqalah (Laa haula walaa
quwwata illa billaah hil `aliyyil adhiim). 2.
Mampu mengomunikasikan
contoh penerapan kalimat hauqalah (Laa haula walaa quwwata illa billaah hil
`aliyyil adhiim) dan artinya dalam kehidupan sehari-hari. 3.
Mampu melafalkan
kalimat Hauqalah. |
|
D. Materi Esensi Makna dan
ketentuan penerapan kalimat Hauqalah |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas V. (Hal. 1-13) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
…………………,
…Juli 2021
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
…………………… ………………………
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ……………………………….
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
V/Ganjil
Materi Pokok :
makna al-Asma' al-Husna (al-Qowiyy, al-Qayyum)
Alokasi Waktu :
…… JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami makna al-Asma' al-Husna (al-Qowiyy,
al-Qayyum dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan berdiskusi, siswa dapat menyajikan arti dan bukti sederhana al-Asma'
al-Husna (al Qowiyy, al-Qayyum) dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar pantai yang indah. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan tentang al-Asma' al-Husna al-Qowiyy. e.
Siswa
berdiskusi tentang al-Asma' al-Husna al-Qowiyy dan mempresentasikannya. f.
Guru
menjelaskan tentang al-Asma' al-Husna al-Qayyum. g.
Siswa
berdiskusi tentang al-Asma' al-Husna al-Qayyum dan mempresentasikannya. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.2 Memahami
makna al-Asma' al-Husna (al-Qowiyy, al-Qayyum) 4.2
Menyajikan arti dan bukti sederhana al-Asma' al-Husna (al Qowiyy, al-Qayyum) |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami makna makna al-Asma' al-Husna (al-Qowiyy, al-Qayyum). 2.
Mampu Menyajikan
arti dan bukti sederhana al-Asma' al-Husna (al Qowiyy, al-Qayyum). 3.
Mampu bersikap
sesuai hikmah al-Asma' al-Husna (al Qowiyy, al-Qayyum). |
|
D. Materi Esensi makna
al-Asma' al-Husna (al-Qowiyy, al-Qayyum) |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas V. (Hal. 14-28) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
…………………,
…Juli 2021
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
…………………… ………………………
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ……………………………….
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
V/Ganjil
Materi Pokok :
Makna iman kepada hari akhir (kiamat)
Alokasi Waktu :
…… JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat menganalisis makna iman kepada hari akhir
(kiamat) dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan berdiskusi, siswa dapat mengomunikasikan tanda tanda dan hikmah iman
kepada hari akhir (kiamat) dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar orang yang di kubur dan tanda-tanda kiamat kecil. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan tentang mengenal hari akhir (kiamat). e.
Siswa
berdiskusi tentang mengenal hari akhir (kiamat) dan mempresentasikannya. f.
Guru
menjelaskan tentang mengenal nama-nama hari akhir (kiamat). g.
Siswa
mengamati gambar satu keluarga melihat tv dan orang bermain Hp. h.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. i.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. j.
Guru menjelaskan tentang mengenal
tanda-tanda hari akhir (kiamat). k.
Siswa
berdiskusi tentang mengenal tanda-tanda hari akhir (kiamat) dan
mempresentasikannya. l.
Guru
menjelaskan tentang hikmah beriman kepada hari akhir. m. Siswa menyanyikan lagu Hari Kiamat. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.3
Menganalisis makna iman kepada hari akhir (kiamat) 4.3 Menganalisis
makna iman kepada hari akhir (kiamat |
|
C. Indikator 1.
Mampu
menganalisis makna iman kepada hari akhir (kiamat). 2.
Mampu
menganalisis makna iman kepada hari akhir (kiamat). |
|
D. Materi Esensi Makna iman
kepada hari akhir (kiamat) |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas V. (Hal. 29-43) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual: pengamatan,
observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
…………………,
…Juli 2021
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
…………………… ………………………
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ……………………………….
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
V/Ganjil
Materi Pokok :
Adab bertamu
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat menerapkan adab bertamu dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan bermain peran, siswa dapat mempraktikkan adab bertamu dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar orang yang sedang bertamu. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan tentang adab bertamu. e.
Siswa mengamati
gambar bertamu ke rumah nenek lalu berdiskusi tentang adab bertamu dan
mempresentasikannya. f.
Guru
menjelaskan tentang waktu bertamu dan hikmah bertamu. g.
Siswa bermain
peran tentang bertamu. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.4 Menerapkan adab bertamu 4.4
Mempraktikkan adab bertamu |
|
C. Indikator 1.
Mampu menerapkan
adab bertamu. 2.
Mampu mempraktikkan
adab bertamu. |
|
D. Materi Esensi Adab bertamu |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas V. (Hal. 44-57) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
…………………,
…Juli 2021
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
…………………… ………………………
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ……………………………….
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
V/Ganjil
Materi Pokok :
Sikap teguh pendirian, dermawan, dan tawakkal melalui kisah Nabi Ibrahim As
Alokasi Waktu :
2 JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami sikap teguh pendirian, dermawan,
dan tawakkal melalui kisah Nabi Ibrahim As dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan berdiskusi, siswa dapat menyajikan contoh sikap teguh pendirian,
dermawan, dan tawakkal melalui kisah Nabi Ibrahim As dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar menggegam tangan dan orang menuju sukses. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan tentang keteguhan hati Nabi Ibrahim A.s. e.
Siswa
berdiskusi tentang keteguhan hati Nabi Ibrahim A.s dan mempresentasikannya. f.
Guru
menjelaskan tentang teguh pendirian dan hikmah sikap teguh pendirian. g.
Siswa mengamati
gambar sikap dermawan Utsman bin Affan dan memberi sedekah dilanjutkan
berdiskusi dan mempresentasikannya. h.
Guru
menjelaskan tentang bersifat dermawan dan hikmah sifat dermawan. i.
Guru
menjelaskan tentang tawakkal kepada Allah Swt dan hikmah tawakkal kepada
Allah Swt. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.5 Memahami
sikap teguh pendirian, dermawan, dan tawakkal melalui kisah Nabi Ibrahim As. 4.5
Menyajikan contoh sikap teguh pendirian, dermawan, dan tawakkal melalui kisah
Nabi Ibrahim As |
|
C. Indikator 1.
Mampu memahami
sikap teguh pendirian, dermawan, dan tawakkal melalui kisah Nabi Ibrahim As. 2.
Mampu menyajikan
contoh sikap teguh pendirian, dermawan, dan tawakkal melalui kisah Nabi
Ibrahim As. |
|
D. Materi Esensi Sikap teguh
pendirian, dermawan, dan tawakkal melalui kisah Nabi Ibrahim As |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas V. (Hal. 58-76) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
…………………,
…Juli 2021
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
…………………… ………………………
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ……………………………….
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
V/Genap
Materi Pokok :
Makna dan ketentuan penerapan kalimat tarji'
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami makna dan ketentuan penerapan
kalimat tarji' (inna lillahi wainna ilaihi raji'un) dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan berdiskusi, siswa dapat menghafalkan bacaan dan arti kalimat tarji'
(inna lillahi wainna ilaihi raji'un) dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar banjir dan kerusakan karena banjir. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan tentang kalimat thayyibah Tarji’. e.
Guru
melafalkan kalimat thayyibah Tarji’ dan siswa menirukan. f.
Siswa
berdiskusi tentang kalimat thayyibah Tarji’ dan mempresentasikannya. g.
Siswa
mengamati gambar kecelakaan, kebakaran, orang sakit, orang meninggal, dan
orang yang jatuh. h.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. i.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. j.
Guru
menjelaskan tentang terbiasa mengucapkan kalimat thayyibah Tarji’. k.
Siswa
mengamati gambar orang jatuh dari sepeda dan orang meninggal dilanjutkan
dengan berdiskusi. l.
Guru
menjelaskan tentang bersabar dalam menghadapi musibah dan hikmah mengucapkan
kalimat thayyibah Tarji’. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.6 Memahami
makna dan ketentuan penerapan kalimat tarji' (inna lillahi wainna ilaihi
raji'un) 4.6
Menghafalkan bacaan dan arti kalimat tarji' (inna lillahi wainna ilaihi
raji'un) |
|
C. Indikator 1.
Mampu memahami
makna dan ketentuan penerapan kalimat tarji' (inna lillahi wainna ilaihi
raji'un). 2.
Mampu menghafalkan
bacaan dan arti kalimat tarji' (inna lillahi wainna ilaihi raji'un). |
|
D. Materi Esensi Makna dan
ketentuan penerapan kalimat tarji' |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas V. (Hal. 84-97) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
…………………,
…Januari 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
…………………… ………………………
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ……………………………….
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
V/Genap
Materi Pokok :
Asma' ul Husna al Muhyi, al Mumith dan al Baai'its
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami al Asma' al Husna (al Muhyi, al
Mumith dan al Baai'its) dan artinya dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan berdiskusi, siswa dapat menyajikan arti dan bukti sederhana al Asma'
al Husna (al Muhyi, al Mumith dan al Baai'its) dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar perkembangbiakan tumbuhan dan hewan. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan tentang Asma' ul Husna al Muhyi dan hikmah mengimani Asma' ul
Husna al Muhyi. e.
Siswa
berdiskusi tentang Asma' ul Husna al Muhyi dan mempresentasikannya. f.
Siswa
mengamati gambar kematian hewan dan tumbuhan. g.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. h.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. i.
Guru
menjelaskan tentang Asma' ul Husna al Mumith dan hikmah mengimani Asma' ul
Husna al Mumith. j.
Siswa
mengamati gambar anak yang bangun tidur. k.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. l.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. m. Guru menjelaskan tentang Asma' ul Husna al Baai'its dan hikmah mengimani
Asma' ul Husna al Baai'its. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.7 Memahami
al Asma' al Husna (al Muhyi, al Mumith dan al Baai'its) dan artinya 4.7
Menyajikan arti dan bukti sederhana al Asma' al Husna (al Muhyi, al Mumith
dan al Baai'its) |
|
C. Indikator 1.
Mampu memahami
al Asma' al Husna (al Muhyi, al Mumith dan al Baai'its) dan artinya 2.
Mampu menyajikan
arti dan bukti sederhana al Asma' al Husna (al Muhyi, al Mumith dan al
Baai'its). 3.
Mampu
bersikap sesuai hikmah Asma' ul Husna al Muhyi, al Mumith dan al Baai'its. |
|
D. Materi Esensi Asma' ul
Husna al Muhyi, al Mumith dan al Baai'its |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas V. (Hal. 98-116) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
…………………,
…Januari 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
…………………… ………………………
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ……………………………….
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
V/Genap
Materi Pokok :
Makna alam barzah atau alam kubur
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat menganalisis makna alam barzah atau alam
kubur dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan berdiskusi, siswa dapat mengomunikasikan gambaran kehidupan di alam
Barzah dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar makam atau kuburan. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan tentang mengenal alam barzah. e.
Siswa
berdiskusi tentang mengenal alam barzah dan mempresentasikannya. f.
Guru
menjelaskan tentang hikmah mengenal alam barzah atau alam kubur. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.8
Menganalisis makna alam barzah atau alam kubur 4.8
Mengomunikasikan gambaran kehidupan di alam Barzah |
|
C. Indikator 1.
Mampu menganalisis
makna alam barzah atau alam kubur. 2.
Mampu mengomunikasikan
gambaran kehidupan di alam Barzah. |
|
D. Materi Esensi Makna alam
barzah atau alam kubur |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas V. (Hal. 117-133) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual: pengamatan,
observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
…………………,
…Januari 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
…………………… ………………………
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ……………………………….
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
V/Genap
Materi Pokok :
Sifat disiplin dan mandiri dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu :
…… JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat menerapkan sifat disiplin dan mandiri dalam
kehidupan sehari-hari dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan berdiskusi, siswa dapat menyajikan contoh cara menerapkan sifat
disiplin dan mandiri dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar upacara bendera. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa diberikan
kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan tentang bersikap disiplin dan hikmah bersikap disiplin. e.
Siswa
berdiskusi tentang bersikap disiplin dan hikmah bersikap disiplin dan
mempresentasikannya. f.
Siswa
mengamati gambar anak yang menyapu dan belajar. g.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. h.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. i.
Guru
menjelaskan tentang bersikap mandiri dan hikmah bersikap mandiri. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.9
Menerapkan sifat disiplin dan mandiri dalam kehidupan sehari-hari 4.9
Menyajikan contoh cara menerapkan sifat disiplin dan mandiri dalam kehidupan sehari-hari |
|
C. Indikator 1.
Mampu
menerapkan sifat disiplin dan mandiri dalam kehidupan sehari-hari. 2.
Mampu
menyajikan contoh cara menerapkan sifat disiplin dan mandiri dalam kehidupan
sehari-hari. |
|
D. Materi Esensi Sifat
disiplin dan mandiri dalam kehidupan sehari-hari |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas V. (Hal. 134-150) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
…………………,
…Januari 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
…………………… ………………………
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ……………………………….
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
V/Genap
Materi Pokok :
Akhlak tercela serakah, dan kikir melalui kisah Qarun dan cara menghindarinya
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami akhlak tercela serakah, dan kikir
melalui kisah Qarun dan cara menghindarinya dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan berdiskusi, siswa dapat menyajikan contoh cara menghindari sifat
serakah, dan kikir dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar anak yang mengambil buah orang lain dan harta karun. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan tentang menghindari sifat serakah dan hikmah menghindari sifat
serakah. e.
Siswa
berdiskusi tentang menghindari sifat serakah dan hikmah menghindari sifat
serakah dan mempresentasikannya. f.
Siswa
mengamati gambar uang yang dirantai dan orang kaya yang bakhil. g.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. h.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. i.
Guru
menjelaskan tentang menghindari sifat kikir dan hikmah menghindari sifat
kikir. j.
Guru
menjelaskan tentang kisan Qarun. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.10 Memahami
akhlak tercela serakah, dan kikir melalui kisah Qarun dan cara menghindarinya 4.10
Menyajikan contoh cara menghindari sifat serakah, dan kikir dalam kehidupan
sehari-hari |
|
C. Indikator 1.
Mampu memahami
akhlak tercela serakah, dan kikir melalui kisah Qarun dan cara menghindarinya. 2.
Mampu menyajikan
contoh cara menghindari sifat serakah, dan kikir dalam kehidupan sehari-hari. |
|
D. Materi Esensi Akhlak
tercela serakah, dan kikir melalui kisah Qarun dan cara menghindarinya |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas V. (Hal. 151-169) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
…………………,
…Januari 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
…………………… ………………………
Komentar
Posting Komentar