RPP AKIDAH AKHLAQ KELAS 6
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ……………………………………………..
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
VI/Ganjil
Materi Pokok :
Makna dan ketentuan Istighfaar
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami makna dan ketentuan Istighfaar
dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan berdiskusi, siswa dapat mengomunikasikan arti dan hikmah Istighfar
dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar seorang anak berdo’a dan beristigfaar. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
melafalkan kalimat Istigfaar dan siswa menirukannya. e.
Guru
menjelaskan tentang Istigfaar, luasnya ampunan Allah Swt, hikmah beristigfaar
dan rendah hati dan pemaaf. f.
Siswa mengamati
gambar berdiskusi tentang Istigfaar, luasnya ampunan Allah Swt, hikmah
beristigfaar dan rendah hati dan pemaaf dan mempresentasikannya. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.1 Memahami makna dan ketentuan Istighfaar 4.1
Mengomunikasikan arti dan hikmah Istighfar |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami makna dan ketentuan Istighfaar. 2.
Mampu
mengomunikasikan arti dan hikmah Istighfar. 3.
Mampu
melafalkan kalimat Istigfaar. |
|
D. Materi Esensi Makna dan
ketentuan Istighfaar |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas VI. (Hal. 1-12) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
…………………,
….. Juli 2021
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
…………………………… ……………………………………..
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ……………………………………………..
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
VI/Ganjil
Materi Pokok :
Makna al-Ghaffaar dan al-'Afuww
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami makna al-Ghaffaar dan al-'Afuww
dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan berdiskusi, siswa dapat menyajikan arti dan bukti sederhana
al-Ghaffaar dan al-'Afuww dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar seorang berharap ampunan Allah Swt. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru menjelaskan
tentang kalimat Asma’ul Husna al-Ghaffaar dan al-'Afuww, perbedaan
al-Ghaffaar dan al-'Afuww, serta hikmah al-Ghaffaar dan al-'Afuww. e.
Siswa mengamati
gambar dan berdiskusi tentang kalimat Asma’ul Husna al-Ghaffaar dan
al-'Afuww, perbedaan al-Ghaffaar dan al-'Afuww, serta hikmah al-Ghaffaar dan
al-'Afuww dan mempresentasikannya. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.2 Memahami
makna al-Ghaffaar dan al-'Afuww 4.2
Menyajikan arti dan bukti sederhana al-Ghaffaar dan al-'Afuww |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami makna al-Ghaffaar dan al-'Afuww. 2.
Mampu menyajikan
arti dan bukti sederhana al-Ghaffaar dan al-'Afuww. 3.
Mampu bersikap
sesuai Asma’ul Husna al-Ghaffaar dan al-'Afuww. |
|
D. Materi Esensi Makna
al-Ghaffaar dan al-'Afuww |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas VI. (Hal. 13-24) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
…………………,
….. Juli 2021
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
…………………………… ……………………………………..
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ……………………………………………..
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
VI/Ganjil
Materi Pokok :
Iman kepada Qada dan Qadar Allah Swt
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat menganalisis iman kepada Qada dan Qadar
Allah Swt dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan mengamati, siswa dapat menyajikan contoh Qada dan Qadar dalam
kehidupan sehari-hari dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar anak laki-laki dan perempuan, akad nikah dan orang meninggal.
b.
Siswa
menceritakan gambar yang diamati sesuai kemampuannya. c.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. d.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. e.
Guru
menjelaskan tentang Qada dan Qadar Allah Swt, dalil Qada dan Qadar, teladan
Qada dan Qadar dan hikmah beriman kepada Qada dan Qadar. f.
Siswa menganalisis
gambar tentang Qada dan Qadar Allah Swt,
dalil Qada dan Qadar, teladan Qada dan Qadar dan hikmah beriman kepada Qada
dan Qadar dan mempresentasikannya. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.3
Menganalisis iman kepada Qada dan Qadar Allah Swt 4.3
Menyajikan contoh Qada dan Qadar dalam kehidupan sehari-hari |
|
C. Indikator 1.
Mampu
menganalisis iman kepada Qada dan Qadar Allah Swt. 2.
Mampu
menyajikan contoh Qada dan Qadar dalam kehidupan sehari-hari. |
|
D. Materi Esensi Iman kepada
Qada dan Qadar Allah Swt |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas VI. (Hal. 25-39) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
…………………,
….. Juli 2021
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
…………………………… ……………………………………..
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ……………………………………………..
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
VI/Ganjil
Materi Pokok :
Sifat pemaaf, tanggung jawab, adil, dan bijaksana dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat menerapkan sifat pemaaf, tanggung jawab,
adil, dan bijaksana dalam kehidupan sehari-hari dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan observasi, siswa dapat mengomunikasikan pengalaman dalam menerapkan
sifat pemaaf, tanggung jawab,
adil, dan bijaksana dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar pemaaf lebih hidup bahagia, Hajar Aswad, mencari keadilan
melalui persidangan dan kebersihan salah satu tanggungjawab muslim. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan tentang pemaaf, tanggung jawab, adil, dan bijaksana. e.
Siswa
menuliskan keadaan yang menggambarkan setiap perilaku terpuji secara umum di
sekitar lingkungan ke dalam tabel dan mempresentasikannya. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.4
Menerapkan sifat pemaaf, tanggung jawab, adil, dan bijaksana dalam kehidupan
sehari-hari 4.4
Mengomunikasikan pengalaman dalam menerapkan sifat pemaaf, tanggung jawab, adil, dan bijaksana dalam kehidupan
sehari-hari |
|
C. Indikator 1.
Mampu menerapkan
sifat pemaaf, tanggung jawab, adil, dan bijaksana dalam kehidupan sehari-hari. 2.
Mampu mengomunikasikan
pengalaman dalam menerapkan sifat pemaaf, tanggung jawab, adil, dan bijaksana dalam kehidupan sehari-hari. |
|
D. Materi Esensi Sifat pemaaf,
tanggung jawab, adil, dan bijaksana dalam kehidupan sehari-hari |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas VI. (Hal. 40-56) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
…………………,
….. Juli 2021
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
…………………………… ……………………………………..
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ……………………………………………..
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
VI/Ganjil
Materi Pokok :
Makna dan implikasi sifat pemarah, fasik, dan pilih kasih
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami makna dan implikasi sifat pemarah,
fasik, dan pilih kasih serta cara menghindarinya dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan membuat kliping, siswa dapat menyajikan contoh cara menghindari
sifat pemarah, fasik, dan pilih kasih dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar anak yang ingin memukul, main Hp sampai lupa diri dan berteman
hanya memikirkan diri sendiri hanya akan menambah musuh. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan tentang sifat pemarah, fasik, dan pilih kasih. e.
Siswa membuat
kliping tentang sifat sifat pemarah, fasik, serta pilih kasih dan
mempresentasikannya. 3. Penutup a.
Guru dan siswa
menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.5 Memahami
makna dan implikasi sifat pemarah, fasik, dan pilih kasih serta cara
menghindarinya 4.5
Menyajikan contoh cara menghindari sifat pemarah, fasik, dan pilih kasih |
|
C. Indikator 1.
Mampu memahami
makna dan implikasi sifat pemarah, fasik, dan pilih kasih serta cara
menghindarinya. 2.
Mampu menyajikan
contoh cara menghindari sifat pemarah, fasik, dan pilih kasih. 3.
Mampu
menjauhi sikap pemarah, fasik, dan pilih kasih. |
|
D. Materi Esensi Makna dan
implikasi sifat pemarah, fasik, dan pilih kasih |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas VI. (Hal. 57-70) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
…………………,
….. Juli 2021
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
…………………………… ……………………………………..
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ……………………………………………..
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
VI/Genap
Materi Pokok :
Makna dan keutamaan kalimat Tahlil
Alokasi Waktu :
2 JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami makna dan keutamaan kalimat Tahlil
(laa ilaaha illa Allaah) dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan menuliskan pendapat, siswa dapat mengomunikasikan arti dan hikmah
kalimat Tahlil (laa ilaaha illa Allaah)dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar ketergantungan makhluk kepada Allah Swt. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru menjelaskan
tentang pengertian Tahlil, keutamaan Tahlil, dan hikmah kalimat Tahlil. e.
Siswa menuliskan
pendapatnya tentang kalimat Tahlil yang sering mereka dengarkan yang ada pada
tabel serta menghapalkannya dan mempresentasikannya. 3. Penutup a.
Guru dan siswa
menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.6 Memahami
makna dan keutamaan kalimat Tahlil (laa ilaaha illa Allaah) 4.6
Mengomunikasikan arti dan hikmah kalimat Tahlil (laa ilaaha illa Allaah) |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami makna dan keutamaan kalimat Tahlil (laa ilaaha illa Allaah). 2.
Mampu
mengomunikasikan arti dan hikmah kalimat Tahlil (laa ilaaha illa Allaah). |
|
D. Materi Esensi Makna dan
keutamaan kalimat Tahlil |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas VI. (Hal. 76-84) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
…………………,
….. Januari 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
…………………………… ……………………………………..
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ……………………………………………..
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
VI/Genap
Materi Pokok :
Makna al-Wahid, al-Ahad dan ash-Shamad
Alokasi Waktu :
2 JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami makna al-Wahid, al-Ahad dan
ash-Shamad dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan berdiskusi, siswa dapat menyajikan arti dan bukti sederhana tentang
asma Allah al-Wahid, al-Ahad dan ash- Shamad
dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar tulisan al-Ahad, al-Wahid dan as-shomad. b.
Guru menanyakan
apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan tentang Asma’ul Husna al-Wahid, al-Ahad, as-Shomad, dan hikmahnya. e.
Siswa berdiskusi
tentang Asma’ul Husna al-Wahid, al-Ahad, as-Shomad, serta hikmahnya dan mempresentasikannya. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.7 Memahami
makna al-Wahid, al-Ahad dan ash-Shamad 4.7
Menyajikan arti dan bukti sederhana tentang asma Allah al-Wahid, al-Ahad dan ash- Shamad |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami makna al-Wahid, al-Ahad dan ash-Shamad. 2.
Mampu menyajikan
arti dan bukti sederhana tentang asma Allah al-Wahid, al-Ahad dan ash- Shamad. |
|
D. Materi Esensi Makna
al-Wahid, al-Ahad dan ash-Shamad |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas VI. (Hal. 85-97) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
…………………,
….. Januari 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
…………………………… ……………………………………..
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ……………………………………………..
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
VI/Genap
Materi Pokok :
Akhlak yang baik terhadap binatang dan tumbuhan
Alokasi Waktu :
2 JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat menerapkan akhlak yang baik terhadap
binatang dan tumbuhan dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan menuliskan dampak, siswa dapat menyajikan contoh akhlak yang baik
terhadap binatang dan tumbuhan dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar memelihara hewan dengan baik dan indahnya lingkungan. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan tentang lingkungan ciptaan Allah Swt, kasih sayang terhadap
binatang dan kasih sayang terhadap tumbuhan. e.
Siswa menuliskan
dampak dari illegal logging terhadap hewan serta tumbuhan pada tabel dan
mempresentasikannya. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.8
Menerapkan akhlak yang baik terhadap binatang dan tumbuhan 4.8
Menyajikan contoh akhlak yang baik terhadap binatang dan tumbuhan dalam kehidupan
sehari-hari |
|
C. Indikator 1.
Mampu menerapkan
akhlak yang baik terhadap binatang dan tumbuhan. 2.
Mampu menyajikan
contoh akhlak yang baik terhadap binatang dan tumbuhan dalam kehidupan
sehari-hari. |
|
D. Materi Esensi Akhlak yang
baik terhadap binatang dan tumbuhan |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas VI. (Hal. 98-110) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
…………………,
….. Januari 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
…………………………… ……………………………………..
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ……………………………………………..
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
VI/Genap
Materi Pokok :
Makna dan hikmah sifat sabar dan taubat yang dicontohkan Nabi Ayyub a.s
Alokasi Waktu :
2 JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami makna dan hikmah sifat sabar dan
taubat yang dicontohkan Nabi Ayyub a.s. dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan menuliskan keadaab tentang sabar, siswa dapat mengomunikasikan kisah
Nabi Ayyub a.s. sebagai rujukan dalam meneladani sifat sabar dan taubat dalam
kehidupan sehari-hari dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar nabi Ayub a.s dan do’a nabi Ayub a.s. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan tentang bentuk ujian Nabi Ayub a.s, sikap istri dan saudara Nabi
Ayub a.s, dan buah dari kesabaran. e.
Siswa
menuliskan keadaan yang menggambarkan buah dari
perilaku sabar terhadap sesama manusia dan terhadap ujian dan cobaan dari
Allah Swt dan
mempresentasikannya. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.9 Memahami
makna dan hikmah sifat sabar dan taubat yang dicontohkan Nabi Ayyub a.s. 4.9 Mengomunikasikan
kisah Nabi Ayyub a.s. sebagai rujukan dalam meneladani sifat sabar dan taubat
dalam kehidupan sehari-hari |
|
C. Indikator 1.
Mampu memahami
makna dan hikmah sifat sabar dan taubat yang dicontohkan Nabi Ayyub a.s. 2.
Mampu mengomunikasikan
kisah Nabi Ayyub a.s. sebagai rujukan dalam meneladani sifat sabar dan taubat
dalam kehidupan sehari-hari. |
|
D. Materi Esensi Makna dan
hikmah sifat sabar dan taubat yang dicontohkan Nabi Ayyub a.s |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas VI. (Hal. 111-122) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial: pengamatan,
observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
…………………,
….. Januari 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
…………………………… ……………………………………..
Komentar
Posting Komentar