RPP AKIDAH AKHLAQ KELAS 1
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ………………………
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
I/Ganjil
Materi Pokok :
Kalimah syahadat
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat mengetahui dua kalimah syahadat dengan
benar. 2.
Melalui
bimbingan guru, siswa dapat melafalkan dua kalimat syahadat dan artinya
dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar orang yang bersyahadat b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bercerita sesuai dengan gambar yang diamati. d.
Guru
membacakan dua Kalimah syahadat. e.
Siswa
menirukan dua Kalimah syahadat. f.
Siswa melafalkan
dua Kalimah syahadat secara bersamaan maupun individu. g.
Siswa
menentukan dua Kalimah syahadat yang benar dengan memberikan tanda centang. h.
Guru
membimbing membaca dua Kalimah syahadat beserta artinya. i.
Siswa
menirukan membaca dua Kalimah syahadat beserta artinya secara bersama-sama. j.
Siswa
melafalkan dua Kalimah syahadat beserta artinya secara individu k.
Siswa menuliskan
potongan dua Kalimah syahadat dan mengurutkannya. l.
Siswa
mengamati gambar tentang kapan pengucapan dua Kalimah syahadat dan
mempresentasikannya. m. Siswa menyanyikan Lagu Syahadatain. n.
Siswa menulis
dua Kalimah syahadat dengan cara menebalkan
3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.1 Mengenal Allah Swt. melalui dua kalimah syahadat 4.1
Melafalkan dua kalimat syahadat dan artinya |
|
C. Indikator 1.
Mampu memahami
dua kalimat syahadat 2.
Mampu
melafalkan dua kalimat syahadat 3.
Mampu menuliskan dua kalimat syahadat |
|
D. Materi Esensi Kalimah
syahadat |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa Akidah
Akhlak Kelas I. (Hal. 1-10) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
……………………,
Juli 2021
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
………………………. ………………………….
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ………………………
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
I/Ganjil
Materi Pokok :
Kalimat Basmalah dan Hamdalah
Alokasi Waktu :
2 JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat mengetahui dua kalimah syahadat dengan
benar. 2.
Melalui
bimbingan guru, siswa dapat melafalkan dua kalimat syahadat dan artinya
dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Inti a.
Guru menanyatakan
arti dari kalimat Thaiyibah. b.
Siswa
memberikan tanggapan. c.
Guru
menjelaskan serta mengucapkan kalimat Basmalah dan artinya. d.
Siswa menirukan
kalimat Basmalah. e.
Siswa melafalkan
kalimat Basmalah beserta artinya. f.
Siswa
mengamati gambar dan menanggapinya. g.
Siswa menyanyikan
lagu Basmalah. h.
Siswa
memberikan tanggapan terhadap kegiatan dengan memberikan tanda ceklis tentang
Basmalah. i.
Siswa
mengamati gambar dan bercerita di depan kelas. j.
Guru
mengucapkan kalimat Hamdalah beserta artinya. k.
Siswa
menirukan kalimat Hamdalah beserta artinya. l.
Guru
menjelaskan tentang kalimat Hamdalah. m. Siswa memberikan tanggapan terhadap kegiatan dengan memberikan
tanda ceklis tentang Hamdalah. n.
Guru
menjelaskan hikmah Hamdalah. o.
Siswa
menyanyikan Lagu Hamdalah.
3. Penutup d.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. e.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. f.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.2
Menerapkan pengucapan kalimat Basmalah dan hamdalah dalam melakukan setiap
perbuatan yang baik 4.2
Mempraktikkan pengucapan Basmalah dan hamdalah dalam melakukan setiap
perbuatan yang baik |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami kalimat Basmalah dan hamdalah 2.
Mampu
melafalkan kalimat Basmalah dan hamdalah 3.
Mampu menuliskan kalimat Basmalah dan hamdalah |
|
D. Materi Esensi Kalimat
Basmalah dan Hamdalah |
|
E. Metode Simulasi, percobaan,
diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas I. (Hal. 11-26) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
……………………,
Juli 2021
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
………………………. ………………………….
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ………………………
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
I/Ganjil
Materi Pokok :
Asma'ul Husna
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat mengetahui dua kalimah syahadat dengan
benar. 2.
Melalui
bimbingan guru, siswa dapat melafalkan dua kalimat syahadat dan artinya
dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Inti a.
Guru membacakan
surat al-Hasyr ayat 24. b.
Guru
menjelaskan tentang Asma’ul Husna. c.
Guru
membacakan Asma’ul Husna. d.
Siswa
menirukan bacaan Asma’ul Husna. e.
Siswa
mengamati gambar dan menanggapinya. f.
Siswa
menyanyikan lagu Asma’ul Husna. g.
Siswa
memberikan tanggapan terhadap kegiatan dengan memberikan tanda ceklis tentang
Asma’ul Husna.
3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.3 Mengenal al-Asma'ul Husna 4.3
Mempraktikkan penyebutan al-Asma'ul Husna |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami kalimat al-Asma'ul Husna 2.
Mampu
melafalkan kalimat al-Asma'ul Husna |
|
D. Materi Esensi Asma'ul Husna |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas I. (Hal. 27-34) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
……………………,
Juli 2021
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
………………………. ………………………….
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ………………………
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
I/Ganjil
Materi Pokok :
Hidup sehat dan bersih
Alokasi Waktu :
2 JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat menerapkan hidup sehat dan bersih dengan
benar. 2.
Melalui contoh
dan keteladanan, siswa dapat mempraktikkan hidup sehat dan bersih dalam
kehidupan sehari-hari dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Inti a.
Siswa
menyanyikan lagu Aku Anak Sehat. b.
Siswa
menceritakan pengalamannya dalam pola hidup bersih dan sehat. c.
Siswa
mengamati pola hidup bersih dan sehat sesuai contoh Rasulullah. d.
Siswa membentuk
kelompok. e.
Siswa
menggunting gambar yang ada di buku. Siswa memasukkan gambar ke dalam kotak
yang sesuai diiringi lagu Aku Anak Sehat dan tepuk tangan. f.
Siswa
mengamati tempat dimana kita harus menjaga pola hidup bersih dan sehat . g.
Guru
memberikan kesempatan bertanya kepada siswa jika ada yang tidak dimengerti
dari hal yang diamati. h.
Siswa mengamati
gambar dan menceritakannya secara lisan. i.
Siswa mengamati
gambar dengan memberikan tanda centang jika sesuai dan tanda silang jika
tidak sesuai dengan pola hidup bersih dan sehat. j.
Siswa
menjodohkan pertanyaan yang benar.
3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.4
Menerapkan hidup sehat dan bersih 4.4
Mempraktikkan hidup sehat dan bersih dalam kehidupan sehari-hari |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami hidup sehat dan bersih 2.
Mampu
mempraktikkan hidup sehat dan bersih |
|
D. Materi Esensi Hidup sehat
dan bersih |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas I. (Hal. 35-46) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
……………………,
Juli 2021
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
………………………. ………………………….
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ………………………
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
I/Ganjil
Materi Pokok :
Adab ke kamar mandi, mandi dan berpakaian
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat menerapkan adab ke kamar mandi, mandi dan
berpakaian dengan benar. 2.
Melalui
contoh dan keteladanan, siswa dapat mempraktikkan adab ke kamar mandi, mandi
dan berpakaian dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Inti a.
Siswa mengamati
gambar anak mandi. b.
Guru
bercerita tentang gambar tersebut. c.
Siswa diberikan
kesempatan untuk bertanya. d.
Guru
menjelaskan adab ke kamar mandi. e.
Guru
menjelaskan do’a masuk kamar mandi dan keluar kamar mandi. f.
Siswa mengahafalakan
do’a masuk kamar mandi dan keluar kamar mandi. g.
Guru menjelaskan
adab memakai pakaian dan melepaskan pakaian. h.
Siswa mengahafalakan
do’a memakai pakaian dan melepaskan pakaian. i.
Siswa memasangkan
kata-kata yang sesuai dengan gambar. j.
Siswa memberi
tanggapan setuju atau tidak setuju dengan memberi tanda centang.
3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.5
Menerapkan adab ke kamar mandi, mandi dan berpakaian 4.5
Mempraktikkan adab ke kamar mandi, mandi dan berpakaian |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami adab ke kamar mandi, mandi dan berpakaian 2.
Mampu
mempraktikkan adab ke kamar mandi, mandi dan berpakaian 3.
Mampu
melafalkan do’a masuk kamar mandi dan keluar kamar mandi. 4.
Mampu
melafalkan do’a memakai pakaian dan melepaskan pakaian. |
|
D. Materi Esensi Adab ke kamar
mandi, mandi dan berpakaian |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas I. (Hal. 47-60) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
……………………,
Juli 2021
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
………………………. ………………………….
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ………………………
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
I/Ganjil
Materi Pokok :
Kisah keteladanan Nabi Muhammad Saw
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad Saw
dengan benar. 2.
Melalui kegiatan
bercerita, siswa dapat mengomunikasikan berbagai macam kisah sifat-sifat
mulia Nabi. Muhammad Saw dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar Rasulullah dan para sahabat. b.
Guru
bercerita tentang gambar tersebut. c.
Siswa
diberikan kesempatan untuk bertanya atau menanggapi. d.
Siswa
bernyanyi Lagu Nabi Muhammad Nabi yang Mulia. e.
Siswa
mengamati bacaan cerita Rasulullah. f.
Guru
menceritakan kisah teladan Rasulullah. g.
Guru
menjelaskan sifat Rasulullah yanga ada pada cerita. h.
Siswa diberikan
kesempatan untuk bertanya dan menanggapi. i.
Siswa melengkapi
huruf sehingga menjadi jawaban yang benar. j.
Siswa memasangkan
pernyataan yang ada di sebelah kiri dengan sikap yang ada disebelah kanan.
3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.6 Memahami
kisah keteladanan Nabi Muhammad Saw. 4.6
Mengomunikasikan berbagai macam kisah sifat-sifat mulia Nabi. Muhammad Saw. |
|
C. Indikator 1.
Mampu memahami
kisah keteladanan Nabi Muhammad Saw. 2.
Mampu
mengomunikasikan berbagai macam kisah sifat-sifat mulia Nabi. Muhammad Saw. 3.
Mampu
menyebutkan sifat-sifat Nabi Muhammad Saw. |
|
D. Materi Esensi Kisah
keteladanan Nabi Muhammad Saw |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas I. (Hal. 61-71) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
……………………,
Juli 2021
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
………………………. ………………………….
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ………………………
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
I/Genap
Materi Pokok :
Makna ar-Rahmaan, dan ar-Rahiim
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 3.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami makna ar-Rahmaan, dan ar-Rahiim dengan
benar. 4.
Melalui mengamati
tabel, siswa dapat menyajikan arti dan bukti sederhana asma Allah ar-Rahmaan,
dan ar-Rahiim dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Inti a.
Siswa
bernyanyi Lagu ar-Rahmaan, dan ar-Rahiim. b.
Guru menjelaskan
sifat ar-Rahmaan, dan ar-Rahiim. c.
Siswa
diberikan kesempatan untuk bertanya atau menanggapi. d.
Siswa mewarnai
gambar indah ar-Rahmaan, dan ar-Rahiim. e.
Siswa
mengamati contoh sifat ar-Rahmaan. f.
Siswa
mengamati contoh sifat ar-Rahiim. g.
Siswa
diberikan kesempatan untuk bertanya dan menanggapi. h.
Siswa mengamati
tabel sifat ar-Rahmaan, dan ar-Rahiim. i.
Siswa mengamati
gambar dan menentukan sifat yang sesuai dengan sifat ar-Rahmaan, dan
ar-Rahiim. j.
Siswa
memberikan tanggapan setuju atau tidak setuju dengan memberi tanda centang.
3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.7 Memahami
makna ar-Rahmaan, dan ar-Rahiim 4.7
Menyajikan arti dan bukti sederhana asma Allah ar-Rahmaan, dan ar-Rahiim |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami makna ar-Rahmaan, dan ar-Rahiim. 2.
Mampu
menyebutkan arti dan bukti sederhana asma Allah ar-Rahmaan, dan ar-Rahiim. |
|
D. Materi Esensi Makna
ar-Rahmaan, dan ar-Rahiim |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas I. (Hal. 78-87) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
……………………,
Januari 2021
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
………………………. ………………………….
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ………………………
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
I/Genap
Materi Pokok :
Rukun iman
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami enam rukun iman dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat mengomunikasikan enam rukun iman dengan
tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Inti a.
Siswa
bernyanyi Lagu rukun Iman. b.
Guru
menjelaskan rukun iman. c.
Siswa
diberikan kesempatan untuk bertanya atau menanggapi. d.
Siswa mengurutkan
rukun iman sesuai dengan urutannya. e.
Siswa
mengamati nama malaikat beserta tugasnya. f.
Siswa
diberikan kesempatan untuk bertanya atau menanggapi. g.
Siswa mengerjakan
Teka-teki Silang tentang malaikat. h.
Siswa
mengamati bagan iman kepada kitab Allah. i.
Siswa
diberikan kesempatan untuk bertanya dan menanggapi. j.
Siswa melengkapi
pernyataan tentang iman kepada kitab Allah.
3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.8 Memahami enam rukun iman 4.8
Mengomunikasikan enam rukun iman |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami enam rukun iman. 2.
Mampu
mengomunikasikan enam rukun iman. 3.
Mampu
menyebutkan enam rukun iman. |
|
D. Materi Esensi Rukun iman |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas I. (Hal. 88-97) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
……………………,
Januari 2021
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
………………………. ………………………….
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ………………………
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
I/Genap
Materi Pokok :
Adab belajar
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat menerapkan adab belajar dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat melafalkan doa sebelum dan, sesudah belajar dengan
tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran.
2. Inti a.
Siswa mengamati
gambar anak belajar di kelas. b.
Siswa
diberikan kesempatan untuk bertanya atau menanggapi. c.
Guru
menjelaskan adab belajar. d.
Siswa
diberikan kesempatan untuk bertanya atau menanggapi. e.
Guru
melafalkan doa sebelum belajar dan sesudah belajar. f.
Siswa menirukan
doa sebelum belajar dan sesudah belajar. g.
Siswa memberikan
tanda centang pada gambar sikap yang baik dan tanda silang pada gambar sikap
yang tidak baik dalam belajar. h.
Siswa menyanyikan
lagu Ayo Belajar. i.
Siswa menyusun
huruf acak sehingga menjadi jawaban yang benar. j.
Siswa memberikan
tanda centang pada pernyataan yang benar atau salah.
3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.9 Menerapkan adab belajar 4.9
Melafalkan doa sebelum dan, sesudah belajar |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami adab belajar 2.
Mampu
mempraktikkan adab belajar 3.
Mampu
melafalkan doa sebelum dan sesudah belajar |
|
D. Materi Esensi Adab belajar |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas I. (Hal. 98-105) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
……………………,
Januari 2021
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
………………………. ………………………….
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ………………………
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
I/Genap
Materi Pokok :
Sikap hormat, kasih sayang, dan sopan santun terhadap orang tua dan guru
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat menerapkan sikap hormat, kasih sayang, dan
sopan santun terhadap orang tua dan guru dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat mengomunikasikan pengalaman dalam menerapkan
sikap hormat, kasih sayang, dan sopan santun terhadap orang tua dan guru dengan
tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar anak sedang meminta maaf saat hari raya . b.
Siswa
diberikan kesempatan untuk bertanya atau menanggapi. c.
Guru menyanyikan
Lagu Anak Sholih Sholihah. d.
Guru
menjelaskan sikap hormat, kasih sayang, dan sopan santun terhadap orang tua. e.
Siswa
diberikan kesempatan untuk bertanya atau menanggapi. f.
Siswa memberikan
tanda centang pada kolom setuju atau tidak setuju tentang sikap hormat, kasih
sayang, dan sopan santun terhadap orangtua. g.
Siswa
memberikan tanggapan dengan menuliskan kata baik atau tidak baik pada gambar. h.
Guru
menjelaskan sikap hormat, kasih sayang, dan sopan santun terhadap guru. i.
Siswa
diberikan kesempatan untuk bertanya atau menanggapi. j.
Siswa mencari
pasangan yang sesuai tentang sikap hormat, kasih sayang, dan sopan santun
terhadap guru. k.
Siswa
menyusun kata menjadi pernyataan yang benar. l.
Siswa
memberikan komentar baik atau tidak baik pada gambar
3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.10
Menerapkan sikap hormat, kasih sayang, dan sopan santun terhadap orang tua
dan guru 4.10 Mengomunikasikan
pengalaman dalam menerapkan sikap hormat, kasih sayang, dan sopan santun
terhadap orang tua dan guru |
|
C. Indikator 1.
Mampu menerapkan
sikap hormat, kasih sayang, dan sopan santun terhadap orang tua dan guru. 2.
Mampu
mempraktikkan sikap hormat, kasih sayang, dan sopan santun terhadap orang tua
dan guru. |
|
D. Materi Esensi Sikap hormat,
kasih sayang, dan sopan santun terhadap orang tua dan guru |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas I. (Hal. 106-115) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
……………………,
Januari 2021
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
………………………. ………………………….
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ………………………
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
I/Genap
Materi Pokok :
Berkata baik, berkata jujur dan budaya antri dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat menerapkan berkata baik, berkata jujur dan
budaya antri dalam kehidupan sehari-hari dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat mempraktikkan berkata baik, berkata jujur
dan budaya antri dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat. 3.
Melalui
kegiatan bermain peran, siswa dapat mempraktikan sikap antri dengan benar. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar anak menaruh telunjuk di mulut b.
Siswa
diberikan kesempatan untuk bertanya atau menanggapi. c.
Guru
menjelaskan sikap berkata baik. d.
Siswa
diberikan kesempatan untuk bertanya atau menanggapi. e.
Siswa mengamati
gambar dan menirukan bacaan guru. f.
Siswa menghubungkan
gambar dan pernyataan yang sesuai. g.
Guru
menjelaskan sikap jujur. h.
Siswa
diberikan kesempatan untuk bertanya atau menanggapi. i.
Siswa memberikan
tanda centang pada perilaku jujur. j.
Siswa
mengamti gambar tentang sikap antri. k.
Siswa diberi
kesempatan menyampaikan secara lisan kepada guru. l.
Guru
menjelaskan sikap antri. m. Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya atau menanggapi. n.
Siswa bermain
peran secara berkelompok tentang sikap antri. o.
Guru dan
siswa mengucapkan yel-yel ayo budayakan antri. p.
Siswa
memberikan tanggapan dengan memberikan tanda centang pada kolom setuju atau
tidak setuju.
3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.11
Menerapkan berkata baik, berkata jujur dan budaya antri dalam kehidupan
sehari-hari 4.11
Mempraktikkan berkata baik, berkata jujur dan budaya antri dalam kehidupan
sehari-hari |
|
C. Indikator 1.
Mampu menerapakan
berkata baik, berkata jujur dan budaya antri dalam kehidupan sehari-hari. 2.
Mampu
mempraktikkan berkata baik, berkata jujur dan budaya antri dalam kehidupan
sehari-hari. |
|
D. Materi Esensi Berkata baik,
berkata jujur dan budaya antri dalam kehidupan sehari-hari |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas I. (Hal. 106-115) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
……………………,
Januari 2021
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
………………………. ………………………….
Komentar
Posting Komentar