RPP AKIDAH AKHLAQ KELAS 4
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ………………………………
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
IV/Ganjil
Materi Pokok :
Kalimat Thayyibah Subhaanallaah, Maasyaa Allah dan Allahu Akbar
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami makna dan ketentuan penerapan
kalimat: Subhaanallaah, Maasyaa Allah dan Allahu Akbar dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan bercerita, siswa dapat mempraktikkan contoh penerapan kalimat
Subhaanallaah, Maasyaa Allah dan Allahu Akbar dalam kehidupan sehari-hari
dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar badai petir. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan tentang Kalimat Thayyibah Subhaanallaah. e.
Siswa
berdiskusi tentang Kalimat Thayyibah Subhaanallaah dan mempresentasikannya. f.
Siswa
mengamati gambar badai, taman yang indah, pemandangan dan angina kencang. g.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. h.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. i.
Guru
menjelaskan tentang Kalimat Thayyibah Maasyaa Allah. j.
Siswa
berdiskusi tentang Kalimat Thayyibah Maasyaa Allah dan mempresentasikannya. k.
Siswa
mengamati gambar orang adzan dan bayi kembar. l.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar. m. Siswa diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. n.
Guru
menjelaskan tentang Kalimat Thayyibah Allahu Akbar. o.
Siswa
berdiskusi tentang Kalimat Thayyibah Allahu Akbar dan mempresentasikannya 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.1 Memahami
makna dan ketentuan penerapan kalimat: Subhaanallaah, Maasyaa Allah dan
Allahu Akbar. 4.1
Mempraktikkan contoh penerapan kalimat Subhaanallaah, Maasyaa Allah dan
Allahu Akbar dalam kehidupan sehari-hari |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami makna sikap bersyukur. 2.
Mampu
mengomunikasikan contoh perilaku syukur. |
|
D. Materi Esensi Kalimat
Thayyibah Subhaanallaah, Maasyaa Allah dan Allahu Akbar |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas IV. (Hal. 1-16) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
……………..,
…. Juli 2021
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
……………………………. ………………………………
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ………………………………
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
IV/Ganjil
Materi Pokok :
Makna al-Malik, al-Aziiz dan al-Qudduus
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami makna al-Malik, al-Aziiz dan
al-Qudduus dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan diskusi, siswa dapat menyajikan arti dan bukti sederhana asma Allah al-Malik,
al-Aziiz dan al-Qudduus dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati kisah Fira’un. b.
Guru
menanyakan apa makna pada kisah tersebut. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan Asma’ul Husna al-Malik. e.
Siswa
berdiskusi tentang Asm’ul Husna al-Malik dan mempresentasikannya. f.
Siswa diminta
melafalkan berulang Asma’ul Husna al-Qudduus. g.
Guru
menanyakan apa makna pada lafal tersebut. h.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. i.
Guru
menjelaskan Asma’ul Husna al-Qudduus. j.
Siswa
berdiskusi tentang Asma’ul Husna al-Qudduus dan mempresentasikannya. k.
Siswa diminta
melafalkan berulang Asma’ul Husna al-Aziiz. l.
Guru
menanyakan apa makna pada lafal tersebut tersebut. m. Siswa diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. n.
Guru
menjelaskan Asma’ul Husna al-Aziiz. o.
Siswa
berdiskusi tentang Asma’ul Husna al-Aziiz dan mempresentasikannya. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.2 Memahami makna al-Malik, al-Aziiz dan al-Qudduus 4.2 Menyajikan arti dan bukti sederhana asma Allah al-Malik,
al-Aziiz dan al-Qudduus |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami makna al-Malik, al-Aziiz dan al-Qudduus. 2.
Mampu menyajikan
arti dan bukti sederhana asma Allah al-Malik, al-Aziiz dan al-Qudduus. 3.
Mampu
bersikap sesuai asma Allah al-Malik, al-Aziiz dan al-Qudduus. |
|
D. Materi Esensi Makna
al-Malik, al-Aziiz dan al-Qudduus |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas IV. (Hal. 17-31) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
……………..,
…. Juli 2021
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
……………………………. ………………………………
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ………………………………
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
IV/Ganjil
Materi Pokok :
Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami makna iman kepada kitab-kitab Allah
Swt dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan diskusi, siswa dapat mengomunikasikan nama-nama kitab Allah Swt
beserta nabi yang membawa risalahnya dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar kitab-kitab Allah Swt. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar tersebut. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan tentang mengenal dan meyakini kitab-kitab Allah Swt. e.
Siswa
berdiskusi tentang mengenal dan meyakini kitab-kitab Allah Swt dan
mempresentasikannya. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.3 Memahami
makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt 4.3
Mengomunikasikan nama-nama kitab Allah Swt beserta nabi yang membawa
risalahnya |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt. 2.
Mampu mengomunikasikan
nama-nama kitab Allah Swt beserta nabi yang membawa risalahnya. |
|
D. Materi Esensi Makna iman
kepada kitab-kitab Allah Swt |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas IV. (Hal. 32-42) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial: pengamatan,
observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
……………..,
…. Juli 2021
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
……………………………. ………………………………
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ………………………………
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
IV/Ganjil
Materi Pokok :
Makna perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami makna perilaku amanah dalam
kehidupan sehari-hari dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan diskusi, siswa dapat mengomunikasikan contoh perilaku amanah dalam
kehidupan sehari-hari dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar anah-anak sedang belajar di kelas. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar tersebut. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan tentang mengenal sifat amanah, perilaku amanh dalam kehidupan
sehari-hari dan hikmah amanah. e.
Siswa
berdiskusi tentang mengenal sifat amanah, perilaku amanh dalam kehidupan
sehari-hari dan hikmah amanah dan mempresentasikannya. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.4
Menganalisis makna perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari 4.4
Mengomunikasikan contoh perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami makna perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari. 2.
Mampu
mengomunikasikan contoh perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari. 3.
Mampu
berperilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari. |
|
D. Materi Esensi Makna
perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas IV. (Hal. 43-54) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
……………..,
…. Juli 2021
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
……………………………. ………………………………
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ………………………………
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
IV/Ganjil
Materi Pokok :
Makna sikap tabah dan sabar menghadapi cobaan melalui kisah Bilal bin Rabah
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami makna sikap tabah dan sabar
menghadapi cobaan melalui kisah Bilal bin Rabah dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan diskusi, siswa dapat mengomunikasikan manfaat sikap tabah dan sabar
menghadapi cobaan melalui kisah Bilal bin Rabah dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar kisah Bilal bin Rabah. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar tersebut. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan tentang keteguhan dan ketabahan Bilal bin Rabah. e.
Siswa
berdiskusi tentang keteguhan dan ketabahan Bilal bin Rabah dan
mempresentasikannya. f.
Siswa
mengamati gambar orang yang sedang sakit didampingi perawat. g.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar tersebut. h.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. i.
Guru
menjelaskan tentang sabar dan tabah menghadapi cobaan dari Allah Swt. j.
Siswa
berdiskusi tentang sabar dan tabah menghadapi cobaan dari Allah Swt dan
mempresentasikannya 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.5 Memahami
makna sikap tabah dan sabar menghadapi cobaan melalui kisah Bilal bin Rabah 4.5
Mengomunikasikan manfaat sikap tabah dan sabar menghadapi cobaan melalui
kisah Bilal bin Rabah |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami sikap tabah dan sabar menghadapi cobaan melalui kisah Bilal bin
Rabah. 2.
Mampu
mengomunikasikan manfaat sikap tabah dan sabar menghadapi cobaan melalui
kisah Bilal bin Rabah. 3.
Mampu
meneladani sikap tabah dan sabar menghadapi cobaan melalui kisah Bilal bin
Rabah. |
|
D. Materi Esensi Makna sikap
tabah dan sabar menghadapi cobaan melalui kisah Bilal bin Rabah. |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas IV. (Hal. 55-67) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
……………..,
…. Juli 2021
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
……………………………. ………………………………
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ………………………………
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
IV/Ganjil
Materi Pokok :
Cara menghindari sifat kikir dan kufur nikmat dalam kisah Tsa'labah
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami cara menghindari sifat kikir dan
kufur nikmat dalam kisah Tsa'labah dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan diskusi, siswa dapat mengomunikasikan cara menghindari kikir dan
kufur nikmat dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar kisah Tsa'labah. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar tersebut. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan tentang kisah Tsa'labah dan mengambil
hikmah dari kisah Tsa’labah. e.
Siswa
berdiskusi tentang kisah Tsa'labah serta mengambil
hikmah dari kisah Tsa’labah dan mempresentasikannya. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.6 Memahami
cara menghindari sifat kikir dan kufur nikmat dalam kisah Tsa'labah 4.6
Mengomunikasikan cara menghindari kikir dan kufur nikmat |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami cara menghindari sifat kikir dan kufur nikmat dalam kisah Tsa'labah.
2.
Mampu
mengomunikasikan cara menghindari kikir dan kufur nikmat. 3.
Mampu menerapkan
cara menghindari kikir dan kufur nikmat. |
|
D. Materi Esensi Cara
menghindari sifat kikir dan kufur nikmat dalam kisah Tsa'labah |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas IV. (Hal. 68-81) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
……………..,
…. Juli 2021
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
……………………………. ………………………………
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ………………………………
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
IV/Genap
Materi Pokok :
Makna dan ketentuan mengucapkan salam (Assalamu'alaikum)
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami makna dan ketentuan mengucapkan
salam (Assalamu'alaikum) dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan diskusi, siswa dapat mengomunikasikan hikmah mengucapkan salam
sesuai ketentuan syara dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar anak yang saling bersalaman. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar tersebut. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
melafalkan kalimat salam dan siswa menirukannya. e.
Guru
menjelaskan tentang kalimat salam, waktu mengucapkan salam dan keutamaan mengucapkan salam. f.
Siswa
berdiskusi tentang kalimat salam, waktu mengucapkan salam dan keutamaan mengucapkan salam dan
mempresentasikannya. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.7 Memahami
makna dan ketentuan mengucapkan salam (Assalamu'alaikum) 4.7
Mengomunikasikan hikmah mengucapkan salam sesuai ketentuan syara |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami makna dan ketentuan mengucapkan salam (Assalamu'alaikum). 2.
Mampu
mengomunikasikan hikmah mengucapkan salam sesuai ketentuan syara. 3.
Mampu
mengucapkan salam sesuai ketentuan syara. |
|
D. Materi Esensi |
|
E. Metode Simulasi, percobaan,
diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas IV. (Hal. 88-97) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
……………..,
…. Januari 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
……………………………. ………………………………
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ………………………………
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
IV/Genap
Materi Pokok :
Makna as-Salaam dan al-Mu'min
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami makna as-Salaam dan al-Mu'min
dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan diskusi, siswa dapat menyajikan arti dan bukti sederhana as-Salaam
dan al-Mu'min dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar gelombang tsunami dan kisah Rasulullah diselamatkan dari
pembunuhan. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar tersebut. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan tentang Asma’ul Husna as-Salaam. e.
Siswa
berdiskusi tentang Asma’ul Husna as-Salaam dan mempresentasikannya. f.
Siswa
mengamati gambar anak yang berdo’a dan kisah Rasulullah yaitu Sarang
Laba-Laba dan Suraqah. g.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar tersebut. h.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. i.
Guru
menjelaskan tentang Asma’ul Husna al-Mu'min dan mengamalkan
sifat Allah Swt al Mu’min dalam kehidupan sehari-hari. j.
Siswa
berdiskusi tentang Asma’ul Husna al-Mu'min dan mengamalkan
sifat Allah Swt al Mu’min dalam kehidupan sehari-hari dan
mempresentasikannya. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.8 Memahami
makna as-Salaam dan al-Mu'min 4.8
Menyajikan arti dan bukti sederhana as-Salaam dan al-Mu'min |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami as-Salaam dan al-Mu'min. 2.
Mampu
menyajikan arti dan bukti sederhana as-Salaam dan al-Mu'min. 3.
Mampu
bersikap sesuai as-Salaam dan al-Mu'min. |
|
D. Materi Esensi Makna
as-Salaam dan al-Mu'min |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas IV. (Hal. 98-112) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 5.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 6.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 7.
Pengetahuan:
tulis, lisan 8.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
……………..,
…. Januari 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
……………………………. ………………………………
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ………………………………
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
IV/Genap
Materi Pokok :
Makna iman kepada nabi dan rasul Allah Swt dan sifat-sifatnya
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami makna iman kepada nabi dan rasul
Allah Swt dan sifat-sifatnya dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan diskusi, siswa dapat Mengomunikasikan nama-nama nabi dan rasul Allah
Swt beserta sifat wajib, mustahil dan jaiznya dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar bahtera nabi Nuh a.s. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar tersebut. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan tentang beriman kepada Nabi dan Rasul. e.
Guru mengajak
siswa meyebutkan Nabi yang 25 secara bersama-sama. f.
Siswa
berdiskusi tentang beriman kepada Nabi dan Rasul dan mempresentasikannya. g.
Guru
menjelaskan tentang tugas, sifat, dan cara beriman
kepada Nabi dan Rasul. h.
Siswa
berdiskusi tentang tugas, sifat, dan cara beriman
kepada Nabi dan Rasul dan mempresentasikannya. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.9 Memahami
makna iman kepada nabi dan rasul Allah Swt dan sifat-sifatnya 4.9
Mengomunikasikan nama-nama nabi dan rasul Allah Swt beserta sifat wajib,
mustahil dan jaiznya |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami iman kepada nabi dan rasul Allah Swt dan sifat-sifatnya. 2.
Mampu mengomunikasikan
nama-nama nabi dan rasul Allah Swt beserta sifat wajib, mustahil dan jaiznya. 3.
Mampu menyebutkan
nama-nama nabi dan rasul Allah Swt beserta sifat wajib, mustahil dan jaiznya. |
|
D. Materi Esensi Makna iman
kepada nabi dan rasul Allah Swt dan sifat-sifatnya |
|
E. Metode Simulasi, percobaan,
diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas IV. (Hal. 113-125) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
……………..,
…. Januari 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
……………………………. ………………………………
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ………………………………
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
IV/Genap
Materi Pokok :
Makna nifak dan ciri-ciri sifat munafik
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami makna nifak dan ciri-ciri sifat
munafik dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan diskusi, siswa dapat mengomunikasikan dampak negatif sifat munafik dengan
tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar orang berwajah dua. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar tersebut. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan tentang mengetahui sifat nifak dan menghindari sifat nifak. e.
Siswa
berdiskusi tentang mengetahui sifat nifak serta menghindari sifat nifak dan
mempresentasikannya. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.10 Memahami makna nifak dan ciri-ciri sifat munafik 4.10
Mengomunikasikan dampak negatif sifat munafik |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami nifak dan ciri-ciri sifat munafik. 2.
Mampu
mengomunikasikan dampak negatif sifat munafik. 3.
Mampu
menyebutkan ciri-ciri sifat munafik dan dampak negatifnya. 4.
Mampu
bersikap menjauhi sifat munafik. |
|
D. Materi Esensi Makna nifak
dan ciri-ciri sifat munafik |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas IV. (Hal. 126-135) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual:
pengamatan, observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
……………..,
…. Januari 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
……………………………. ………………………………
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Satuan Pendidikan :
MI ………………………………
Mata Pelajaran/Tema :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
IV/Genap
Materi Pokok :
Adab persahabatan Nabi Muhammad Saw. dan Abu Bakar Ash Shiddiq
Alokasi Waktu :
….. JP X 35 Menit
A. Tujuan Pembelajaran 1.
Melalui
kegiatan pengamatan, siswa dapat memahami adab berteman melalui kisah
persahabatan Nabi Muhammad Saw. dan Abu Bakar Ash Shiddiq dengan benar. 2.
Melalui
kegiatan diskusi, siswa dapat mengomunikasikan adab persahabatan Nabi
Muhammad Saw. dan Abu Bakar Ash Shiddiq dengan tepat. |
G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pendahuluan a.
Salam dan
do’a b.
Apersepsi c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 2. Inti a.
Siswa
mengamati gambar orang yang mengendarai unta. b.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar tersebut. c.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. d.
Guru
menjelaskan tentang kisah persahabatan Abu Bakar dan Rasulullah. e.
Siswa
berdiskusi tentang kisah persahabatan Abu Bakar dan Rasulullah dan
mempresentasikannya. f.
Siswa
mengamati gambar anak-anak yang saling bergandengan tangan. g.
Guru
menanyakan apa makna pada gambar tersebut. h.
Siswa
diberikan kesempatan bertanya atau menanggapi. i.
Guru
menjelaskan tentang adab bergaul dengan teman. j.
Siswa
berdiskusi tentang adab bergaul dengan teman dan mempresentasikannya. 3. Penutup a.
Guru dan
siswa menyimpulkan materi bersama. b.
Guru dan
siswa melakukan refleksi, penugasan dan menyampaikan materi berikutnya. c.
Doa penutup
dan salam. |
B. Kompetensi
Dasar 3.11 Memahami
adab berteman melalui kisah persahabatan Nabi Muhammad Saw. dan Abu Bakar Ash
Shiddiq 4.11
Mengomunikasikan adab persahabatan Nabi Muhammad Saw. dan Abu Bakar Ash
Shiddiq |
|
C. Indikator 1.
Mampu
memahami adab persahabatan Nabi Muhammad Saw. dan Abu Bakar Ash Shiddiq. 2.
Mampu
mengomunikasikan adab persahabatan Nabi Muhammad Saw. dan Abu Bakar Ash
Shiddiq. 3.
Mampu
bersikap persahabatan Nabi Muhammad Saw. dan Abu Bakar Ash Shiddiq. 4.
Mampu
meneladani persahabatan Nabi Muhammad Saw. dan Abu Bakar Ash Shiddiq. |
|
D. Materi Esensi Adab
persahabatan Nabi Muhammad Saw. dan Abu Bakar Ash Shiddiq |
|
E. Metode Simulasi,
percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah. |
|
F. Media/Sumber Belajar 1.
Buku Siswa
Akidah Akhlak Kelas IV. (Hal. 136-149) unduh di kamimadrasah.blogspot.com 2.
Benda-benda
yang ada di sekitar sekolah. |
H. Penilaian 1.
Spiritual: pengamatan,
observasi, jurnal 2.
Sosial:
pengamatan, observasi, jurnal 3.
Pengetahuan:
tulis, lisan 4.
Keterampilan:
produk, kinerja, portofolio |
……………..,
…. Januari 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Akidah Akhlak
……………………………. ………………………………
Komentar
Posting Komentar